kurniasari, arifah (2022) IMPLEMENTASI PENGGUNAAN BAHAN AJAR SISTEM PERNAPASAN DENGAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 SURUH KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
SKRIPSI ARIFAH KURNIASARI 23060180025.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Kurniasari, Arifah. 2022. Implementasi Penggunaan Bahan Ajar Sistem Pernapasan dengan Model Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas VIII SMP Negeri 1 Suruh Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Anggun Zuhaida, M. Pd. Kata kunci: Numbered Head Together; Hasil Belajar; Sistem Pernapasan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi sistem pernapasan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Suruh tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPA dan siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 suruh yang berjumlah 32 siswa. PTK ini terdiri dari dua siklus dimana setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatanyang masing-masaing terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian ini yaitu dokumentasi, tes angket, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), lembar observasi guru. Sedangkan analisis data yang digunakan peneliti adalah membandingkan pencapaian nilai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM)dan ditandai dengan peningkatan peningkatan kriteria ketuntasan klasikal pada setiap siklusnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil belajar didapatkan rata-rata siklus I yaitu sebanyak 70,4 dan rata-rata siklus II yaitu sebanyak 82,9. Hasil presentase ketuntasan siklus I yaitu sebanyak 34,4% dan presentase ketuntasan siklus II yaitu sebanyak 87,5%. Dengan hasil siswa tuntas melebihi KKM siklus I yaitu sebanyak 11 dan siklus II sebanyak 28. Penelitian ini berhenti pada siklus II, karena pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan yaitu ≥ 80% dari total jumlah peserta didik dalam satu kelas mendapat nilai ≥ 75.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? IPA ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 24 Aug 2022 17:44 |
Last Modified: | 24 Aug 2022 17:44 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14571 |
Actions (login required)
View Item |