ANALISIS PENGARUH LITERASI KEUANGAN ISLAM TERHADAP KEPUTUSAN UNTUK MENGGUNAKAN BANK SYARIAH DENGAN RASIONALITAS TRANSAKSI ISLAM SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA MASYARAKAT BOYOLALI)

Azizah, Puteri (2022) ANALISIS PENGARUH LITERASI KEUANGAN ISLAM TERHADAP KEPUTUSAN UNTUK MENGGUNAKAN BANK SYARIAH DENGAN RASIONALITAS TRANSAKSI ISLAM SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA MASYARAKAT BOYOLALI). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS PUTERI AZIZAH 12030200015 S2 EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa kuat pengaruh literasi keuangan islam terhadap keputusan untuk menggunakan bank syariah dengan mediasi rasionalitas transaksi islam (studi pada masyarakat Boyolali). Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan kepada masyarakat Boyolali yang sudah mempunyai rekening atau menjadi nasabah bank syariah. sehingga teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sebanyak 100 orang yang diperoleh dari rumus lemeshow karena jumlah populasi yang tidak diketahui. Kemudian data diolah menggunakan SPSS mulai dari uji instrumen yaitu validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi dan uji path. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literais keuangan islam berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan bank syariah. Literasi keuangan islam berpengaruh positif dan signifikan terhadap rasionalitas transaksi islam. Rasionalitas transaksi islam berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan bank syariah. Dan rasionalitas transaksi islam memediasi pengaruh antara literasi keuangan islam terhadap keputusan untuk menggunakan bank syariah. Kata Kunci : keputusan menggunakan, literasi keuangan islam, rasionalitas transaksi islam

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Pascasarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Aug 2022 17:17
Last Modified: 25 Aug 2022 17:17
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14592

Actions (login required)

View Item View Item