kristiana, Eka (2022) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTU MEDIA POSTER PADA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM SULTAN FATTAH SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]
Text
CETAK SKRIPSI EKA KRISTIANA 059.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA materi sistem pencernaan makanan melalui model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantu media Poster pada siswa kelas VIII SMP Islam Sultan Fattah Salatiga Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dari penelitian tindakan kelas ini adalah guru mata pelajaran IPA dan peserta didik kelas VIII A SMP Islam Sultan Fattah Salatiga yang berjumlah 20 peserta didik dengan rincian 11 laki-laki dan 9 perempuan. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklusnya ada 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, angket, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantu media Poster dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VIII A SMP Islam Sultan Fattah Salatiga materi sistem pencernaan makanan. Peningkatan aktivitas belajar peserta didik terhadap pelajaran IPA dapat dilihat pada lembar observasi aktivitas disetiap siklusnya. Pada siklus I sebanyak 4 dari 20 peserta didik yang memperoleh skor ≥ 22 adalah 20% dengan rata-rata 18,25 kategori cukup. Pada siklus II sebanyak 17 dari 20 peserta didik yang memperoleh skor ≥ 22 adalah 85% dengan rata-rata 27,45 kategori baik, hasil ini menunjukkan bahwa peserta didik aktivitas belajar IPA meningkat dengan penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantu media Poster. Sedangkan peningkatan hasil belajar IPA dapat dilihat dari lembar evaluasi yang diberikan disetiap siklusnya dalam penelitian tindakan kelas. Pada pelaksanaan kegiatan siklus I sebanyak 7 dari 20 peserta didik tuntas dengan persentase 35% dan 13 dari 20 peserta didik tidak tuntas dengan persentase 65%, dengan nilai rata-rata 54,75. Sedangkan pada pelaksanaan kegiatan siklus II sebanyak 18 dari 20 peserta didik tuntas dengan persentase 90% dan 2 dari 20 peserta didik tidak tuntas dengan persentase 10%, dengan nilai rata-rata 78,75. Angket respon peserta didik menunjukkan bahwa 86% peserta didik sangat setuju terhadap pengguanaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantu media Poster dalam pembelajaran IPA.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? IPA ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 25 Aug 2022 20:12 |
Last Modified: | 25 Aug 2022 13:35 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14599 |
Actions (login required)
View Item |