PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI DAN BENDA LANGIT MELALUI STRATEGI CONTECTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS IV MI MA’HAD ISLAM KOPENG KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

PUSPITASARI, RIA (2016) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI DAN BENDA LANGIT MELALUI STRATEGI CONTECTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS IV MI MA’HAD ISLAM KOPENG KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI RIA 11511056.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Puspitasari, Ria. 2016. Peningkatan Prestasi Belajar IPA Materi Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit Melalui Strategi Contectual Teaching And Learning (CTL) pada Siswa Kelas IV MI Ma’had Islam KopengKecamatan Getasan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016. Skipsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Dr. Winarno, S.Si.,M.Pd. Kata Kunci : Prestasi Belajar IPA, Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit, Strategi Contectual Teaching and Learning. Banyak permasalahan terkait dengan nilai pembelajaran IPA. Salah satunya adalah peningkatan prestasi belajar siswa yang masih rendah dan guru belum mampu menggunakan strategi yang cocok untuk membelajarkan materi tersebut secara efektif dan menyenangkan. Selama ini guru masih menggunakan metode ceramah untuk menyampaikan materi pelajaran. Berdasarkan identifikasi masalah dalam pembelajaran IPA, maka peneliti mencoba memberikan alternatif solusi dengan menggunakan strategi Contectual Teaching And Learning (CTL) untuk diteliti pada pembelajaran IPA materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit siswa kelas IV MI Ma’had Islam Kopeng Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus. Subyek penelitian ini siswa kelas IV MI Ma’had Islam Kopeng Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data berupa tes, dokumentasi dan observasi terhadap siswa dan guru. Hasil penelitian pada pra siklus menunjukkan siswa yang tuntas sebanyak 10 siswa dalam persentase 45,45%. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa dalam persentase sebesar 65%. Sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 20 siswa dalam persentase 100%. Hal ini menunjukkan bahwa pengunaan strategi contectual teaching and learning dapat meningkatkan prestasi belajar materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit mata pelajaran IPA pada siswa kelas IV semester II MI Ma’had Islam Kopeng Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Apr 2017 03:20
Last Modified: 11 Apr 2017 03:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1465

Actions (login required)

View Item View Item