Analisis Penggunaan Fitur TikTok Shop Pada Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Salatiga

Pusvitasari, Yusticia Ryski (2022) Analisis Penggunaan Fitur TikTok Shop Pada Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Salatiga. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Yusticia Ryski Pusvitasari_SKRIPSI.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pusvitasari, Yusticia Ryski. 2022. Analisis Penggunaan Fitur TikTok Shop Pada Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Salatiga. Skripsi. Fakultas Dakwah. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Avin Wimar Budyastomo, M.Kom. Kata kunci: Perilaku Konsumtif, Media Sosial,TikTok Shop. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan fitur TikTok Shop pada perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Dakwah UIN Salatiga. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif tentang penggunaan TikTok Shop pada perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Salatiga yang memiliki aplikasi TikTok dan menggunakan TikTok Shop. Sumber data utama yang diperoleh melalui angket dan wawancara kepada pengguna TikTok Shop yaitu Mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Salatiga. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Uji instrument menggunakan uji validitas dan uji realibilitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa perilaku konsumtif mahasiswa ketika mengakses Fitur TikTok Shop dengan intensitas sedang didasari oleh berbagai motif. Motif tersebut yakni motif informasi, motif interaksi sosial, motif identitas pribadi, motif hiburan, pendapat dari influencer, bujukan dari influencer, serta atas keputusan pribadi dan penyesuaian dengan lingkungan. Selain itu keterkaitan yang ditimbulkan ketika mahasiswa mengakses Fitur TikTok Shop akan menyebabkan mahasisswa melakukan pembelian secara impulsif, tidak rasional, serta pembelian secara boros dan berlebihan. Meskipun disamping itu terdapat keterkaitan lainnya seperti efisiensi dan efektifitas ketika berbelanja melalui Fitur TikTok Shop.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: ?? -- Subyek -- ??
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Sep 2022 18:31
Last Modified: 23 Sep 2022 21:14
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14705

Actions (login required)

View Item View Item