Upaya Guru Dalam Mengembangkan Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini Melalui Strategi Pembiasaan Di Era New Normal RA Masyitoh Kalibening Tahun 2022

ASTUTI, NANIK PUJI (2022) Upaya Guru Dalam Mengembangkan Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini Melalui Strategi Pembiasaan Di Era New Normal RA Masyitoh Kalibening Tahun 2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
NANIK PUJI ASTUTI 23050180038...pdf

Download (3MB)

Abstract

Astuti, Nanik Puji. 2022. Upaya Guru Dalam Mengembangkan Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini Melalui Strategi Pembiasaan Di Era New Normal RA Masyitoh Kalibening Tahun 2022. Skripsi. Salatiga: Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Salatiga 2022. Pembimbing: Dr. Ahmad Sultoni, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana upaya guru dalam mengembangkan nilai agama dan moral anak usia dini di RA Masyitoh Kalibening? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan nilai agama dan moral anak usia dini di RA Masyitoh Kalibening?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru dalam mengembangkan nilai agama dan moral anak usia dini di RA Masyitoh Kalibening. Mengetahui faktor pendukung dan penghambat nilai agama dan moral anak usia dini di RA Masyitoh Kalibening. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengujian kepercayaan data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, data display dan penarikan kesimpulan. Upaya guru dalam mengembangkan nilai agama dan moral anak usia dini di RA Masyitoh Kalibening adalah membaca Iqro, membaca Asmaul Husna, dan kalimat tayyibah, menghafal surat-surat pendek dan hadits, membaca doa-doa, melakukan gerakan wudhu dan sholat, mengenalkan kebersihan diri dan lingkungan, mengenalkan kemandirian dan mengenalkan perilaku baik/sopan. Faktor pendukung dalam menggunakan metode pembiasaan adalah dengan menggunakan buku pedoman, lingkungan pendidikan Islam, menggunakan lagu-lagu dan tepuk, pengulangan setiap harinya dan memberikan penghargaan. Faktor penghambatnya adalah anak masih tidak fokus/tidak konsentrasi, suara anak masih kurang keras, pelupa, pengaruh lingkungan yang dekat dengan MI dan sulit membedakan huruf. Kata kunci : PAUD, Strategi Pembiasaan, Pengembangan Nilai Agama Dan Moral

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: ?? PIAUD ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Sep 2022 20:02
Last Modified: 05 Sep 2022 13:25
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14725

Actions (login required)

View Item View Item