UPAYA MENINGKATKAN HASIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN ADVERSITY QUOTIENT MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED MATERI STATISTIKA SISWA KELAS VIII E MTs DARUL ULUM SURUH TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Widyaningsih, Ayu Nur (2022) UPAYA MENINGKATKAN HASIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN ADVERSITY QUOTIENT MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED MATERI STATISTIKA SISWA KELAS VIII E MTs DARUL ULUM SURUH TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI AYU NUR WIDYANINGSIH 23070180010.pdf

Download (4MB)

Abstract

Widyaningsih, Ayu Nur. 2022. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Materi Statistika Siswa kelas VIII E MTs Darul Ulum Suruh Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Prpgram Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Mufiq, S.Ag., M.Phil. Kata Kunci: Open Ended; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis; dan Adversity Quotient Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran open ended dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan adversity quotient siswa kelas VIII E MTs Darul Ulum Suruh tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang telah terlaksanakan dengan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan membandingkan pencapaian nilai siswa dengan nilai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu 75 dan kriteria ketuntasan klasikal pada setiap siklusnya sebesar 85%. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan dalam dua siklus dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran open ended dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dan adversity quotient siswa kelas VIII E di MTs Darul Ulum Tahun Pelajaran 2021/2022. Diperoleh peningkatan hasil belajar pada siklus I, terdapat 12 siswa atau 48% siswa sudah tuntas dan 13 siswa atau 52% siswa belum tuntas pada siklus I diperoleh rata-rata 71,28. Pada siklus II terdapat 24 siswa atau 96% siswa sudah tuntas dan 1 siswa atau 4% belum tuntas, pada siklus II diperoleh rata-rata 85,32. Dari data tersebut bahwa penelitian tindakan kelas dinyatakan berhasil dalam meningkatkan hasil belajar kelas VIII E menggunakan model pembelajaran open ended di MTs Darul Ulum Suruh tahun pelajaran 2021/2022.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Sep 2022 20:03
Last Modified: 05 Sep 2022 20:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14726

Actions (login required)

View Item View Item