PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN BILANGAN CACAH MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA MANIPULATIF PADA SISWA KELAS III SEMESTER 1 MI MIFTAHUL ULUM KARANGMOJO KECAMATAN KLEGO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

ZAHRA, ABIFA MAHABA (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN BILANGAN CACAH MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA MANIPULATIF PADA SISWA KELAS III SEMESTER 1 MI MIFTAHUL ULUM KARANGMOJO KECAMATAN KLEGO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
ABIFA MAHABA ZAHRA 23040180075 PGMI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Zahra, Abifa Mahaba. 2022. Peningkatan Hasil Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Bilangan Cacah Melalui Model Think Pair Share dengan Media Manipulatif pada Siswa kelas III MI Miftahul Ulum Karangmojo Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2021-2022. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Suwardi M.Pd Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Think Pair Share, Media Manipulatif Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil pembelajaran Matematika materi perkalian bilangan cacah melalui model Think Pair Share dengan media manipulatif pada siswa kelas III MI Miftahul Ulum Karangmojo Kec. Klego Kab. Boyolali Tahun Pelajaran 2021/2022 yang terdiri dari 21 siswa. Peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksankaan dengan dua siklus. Penelitian ini melatar belakangi bahwa hasil belajar Matematika materi perkalian bilangan cacah hasilnya belum memenuhi kriteria ketuntasan karena hasil wawancara peneliti dengan guru kelas III MI Miftahul Ulum Karangmojo didapat faktor yang mempengaruhi pencapaian KKM secara klasikal. Faktor tersebut antara lain siswa belum memahami mata pelajaran yang disampaikan oleh guru kurang memakai model dan media pembelajaran. Makadpeneliti melakukan penelitian dengan menggunakan model Think Pair Share dengan media manipulatif bagi siswa kelas III MI Miftahul Ulum Karangmojo Kec. Klego Kab. Boyolali Tahun Pelajaran 2021/2022. Berdasarkan hasil penelitian pada pra siklus menunjukkan siswa yang tuntas belajar sebanyak 42,85% (9 siswa) dan yang tidak tuntas sebanyak 57,15% (12 siswa). Pada siklus I mengalami peningkatan hasil belajar siswa sebanyak 6 siswa dari hasil siswa yang tuntas pree test sebanyak 42,85% (9 siswa) dan siswa yang tuntas post test sebanyak 71,42% (15 siswa). Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan hasil belajar siswa sebanyak 9 siswa dari hasil siswa yang tuntas pree test sebanyak 42,85% (9 siswa) dan siswa yang tuntas post test sebanyak 85,71% (18 siswa). Dari hasil peningkatan belajar siklus I dan siklus II sebanyak 3 siswa, hal ini menunjukkan bahwa model Think Pair Share dengan media manipulif dapat meningkatkan hasil pembelajaran matematika materi perkalian bilangan cacah pada siswa kelas III MI Miftahul Ulum Karangmojo.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Sep 2022 03:56
Last Modified: 07 Sep 2022 21:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14758

Actions (login required)

View Item View Item