Efektivitas Strategi Inquiry Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Siswa SMP Negeri 10 Salatiga Konsep Zat Aditif Dan Zat Adiktif Tahun 2021/2022

nasyiroh, umi (2022) Efektivitas Strategi Inquiry Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Siswa SMP Negeri 10 Salatiga Konsep Zat Aditif Dan Zat Adiktif Tahun 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
UMI NASYIROH 23060170085_compressed (7).pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar siswa menggunakan strategi inquiry ditinjau dari kemampuan akademik siswa SMP Negeri 10 Salatiga konsep zat aditif dan zat adiktif tahun 2021/2022, (2) mengetahui efektivitas strategi inquiry terhadap hasil belajar ditinjau dari kemampuan akademik siswa SMP Negeri 10 Salatiga konsep zat aditif dan zat adiktif tahun 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Quasi Eksperimen dan dengan desain penelitian Control Group PretestPosttest Design. Populasi penelitian ini siswa kelas VIII di SMP Negeri 10 Salatiga, pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Data tes berupa tes tertulis (Pretest-Posttest ) sedangkan non tes berupa angket (kuesioner) respon siswa dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, proses pembelajaran terbagi menjadi 6 tahap strategi inquiry yaitu, orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, merumuskan kesimpulan. Kategori pengamatan pertemuan satu diperoleh rata-rata 84,4%. Pertemuan dua diperoleh rata-rata 89,9%, menunjukkan persentase partisipasi dan keaktifan siswa dalam pembelajaran menggunakan strategi inquiry. Pada kelas eksperimen, ratarata nilai pretest 56,61 dan posttest 73,87. Pada kelas kontrol, rata-rata nilai pretest 47,58 dan posttest 68,87. Berdasarkan analisis data uji hipotesis yaitu uji-t (Independent Sample T-Test) diperoleh nilai thitung (2,100) > ttabel (2,000) dan nilai signifikasi 0,04 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, artinya pembelajaran dengan menggunakan strategi Inquiry efektif terhadap hasil belajar ditinjau dari kemampuan akademik siswa SMP Negeri 10 Salatiga konsep zat aditif dan zat adiktif tahun 2021/2022.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Sep 2022 19:50
Last Modified: 09 Sep 2022 13:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14777

Actions (login required)

View Item View Item