OPTIMALISASI SUMBER BELAJAR DALAM MENUMBUHKAN LEARNING COMMUNITY DI PONDOK PESANTREN AL IKHLAS TENGARAN TAHUN 2022

Mahmud, Muhammad (2022) OPTIMALISASI SUMBER BELAJAR DALAM MENUMBUHKAN LEARNING COMMUNITY DI PONDOK PESANTREN AL IKHLAS TENGARAN TAHUN 2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
MUHAMAD MAHMUD 23010180204.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Mahmud, Muhamad. 2022. Optimalisasi Sumber Belajar Dalam Menumbuhkan Learning Community Di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Tengaran Tahun 2022. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Salatiga. Pembimbing: Purnomo, M.Pd.I Kata Kunci: Sumber Belajar, Learning Community dan Pondok Pesantren Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Sumber belajar yang digunakan untuk optimalisasi sumber belajar dalam menumbuhkan learning community di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Tengaran; 2) Upaya optimalisasi sumber belajar dalam menumbuhkan learning community di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Tengaran; 3) Faktor pendukung optimalisasi sumber belajar dalam menumbuhkan learning community di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Tengaran; 4) Faktor penghambat optimalisasi sumber belajar dalam menumbuhkan learning community di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Tengaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian adalah sumber data primer yakni hasil wawancara dari pengasuh, ustad, dan santri serta observasi; dan sumber data sekunder berupa dokumen serta foto kegiatan terkait optimalisasi sumber belajar dan learning community. Teknik dalam menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik untuk memperoleh data yang valid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Sumber belajar di Pondok Pesantren Al-Ikhlas adalah kitab, buku, guru, dan lingkungan; 2) Upaya optimalisasi sumber belajar dalam menumbuhkan Learning Community di Pondok Pesantren Al-Ikhlas adalah mengadakan kegiatan yang menunjang semangat belajar santri, memperhatikan sejauh mana pemahaman santri terhadap materi, mengelompokkan santri berdasarkan tingkatan, santri lama membantu membimbing santri baru, membentuk kelompok diskusi, menerapkan metode pembelajaran yang tepat, mengadakan praktik berkelompok; 3) Faktor Pendukung Optimalisasi Sumber Belajar dalam menumbuhkan learning community di Pondok Pesantren Al-Ikhlas adalah faktor keluarga, faktor lingkungan, mujahadah wali santri; 4) Faktor penghambat Optimalisasi Sumber Belajar dalam menumbuhkan learning community di Pondok esantren Al-Ikhlas adalah keterbatasan sarana dan prasarana, perpustakaan yang masih sangat sederhana, santri kurang memperhatikan sumber belajarnya, pandangan masyarakat terhadap sikap santri, adapun anggapan santri bahwa sekolah lebih penting dari pada pondok pesantren tidak menjadi faktor penghambat.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Sep 2022 21:22
Last Modified: 09 Sep 2022 14:26
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14781

Actions (login required)

View Item View Item