BIMBINGAN KLASIKAL BERBASIS NILAI – NILAI DASADHARMA UNTUK MENINGKATKAN RASA TANGGUNG JAWAB BANTARA DI SMK BHINNEKA KARYA SIMO BOYOLALI

Basri, Muhammad Yusron (2022) BIMBINGAN KLASIKAL BERBASIS NILAI – NILAI DASADHARMA UNTUK MENINGKATKAN RASA TANGGUNG JAWAB BANTARA DI SMK BHINNEKA KARYA SIMO BOYOLALI. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Muhammad Yusron Basri 23080180044.pdf

Download (1MB)

Abstract

Basri, Muhammad Yusron. 2022. Bimbingan Klasikal Berbasis Nilai-Nilai Dasadharma untuk Meningkatkan Rasa Tanggung Jawab Bantara SMK Bhinneka Karya Simo. Skripsi, Salatiga: Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Sya’ban Maghfur, M.Pd.I. Kata kunci : Bimbingan Klasikal, Nilai-nilai Dasadharma, Rasa Tanggung Jawab, Anggota Bantara. Kita sebagai manusia yang sudah diciptakan di Bumi mempunyai tanggung jawab masing masing, diantaranya tanggung jawab dengan diri sendiri. dalam penelitian ini membahas tentang bagaimana cara meningkatkan rasa tanggung jawab seorang anggota bantara yang mengemban amanah dalam organisasi. Tujuan penelitian ini adalah : Untuk mengetahui apakah bimbingan klasikal berbasis nilai - nilai dhasa darma efektif dalam meningkatkan rasa tanggung jawab bantara SMK Bhinneka Karya Simo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan one group pre-test dan post-test dengan melakukan tes sebelum dan sesudah adanya perlakuan. Hasil data digunakan dalam penelitian yaitu dengan menggunakan angket juga dokumentasi pada subjek. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah Anggota Bantara Kelas X dan XI Ambalan Arjuna/Srikandi SMK Bhinneka Karya Simo dengan populasi 24 dan sampelnya 24 anggota bantara. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum diberikannya layanan bimbingan klasikal berbasis nilai-nilai dasadharma pada anggota bantara didapatkan rata-rata 77,87 yang artinya masuk dalam kategori rendah, setelah itu diberikannya laynaan bimbingan klasikal berbasis nilai-nilai dasadharma memperoleh rata-rata 83,12 yang artinya setelah diberikan layanan ada peningkatan 5,25% dalam hal rasa tanggung jawab. Hal ini dibuktikan dengan melakukan uji sample paired t-test yang diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,0, sehingga dapat disimpulkan bahwa bimbingan klasikal berbasis nilai-nilai dasadharma efektif untuk meningkatkan rasa tanggung jawab bantara SMK Bhinneka Karya Simo alternative diterima.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? BKI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Sep 2022 17:10
Last Modified: 20 Sep 2022 10:11
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14850

Actions (login required)

View Item View Item