PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DENGAN METODE PEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMENT PADA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF BATURSARI KEC. CANDIROTO KAB. TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2020/2021.

''Aina, Aliful (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DENGAN METODE PEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMENT PADA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF BATURSARI KEC. CANDIROTO KAB. TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
aina 23040150048 naskah.docx.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Aina, Aliful. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian dengan Metode Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) Pada Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Batursari Kecamatan Candiroto Kabupaten Temanggung Tahun Ajaran 2020/2021 . Program Studi PGMI Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing Imam Mas Arum, M. Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Pembelajaran, Teams Game Tournament (TGT). Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa tentang operasi hitung perkalian yang masih rendah dan belum memenuhi target capaian ketuntasan secara klasikal. Rendahnya hasil belajar siswa dibuktikan dengan nilai rata- rata kelas yaitu 54 . Secara klasikal juga belum memenuhi target pencapaian KKM yaitu dibuktikan dengan hasil dari Pra Siklus bahwa siswa yang tuntas sebanyak anak dengan presentase 35% .Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan memenuhi target pencapaian KKM matematika mengenai operasi hitung perkalian dengan menggunakan Metode Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) pada kelas III MI Batursari kecamatan Candiroto Kabupaten Temanggung. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan dengan tiga siklus. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus , Siklus II dilaksanakan pada tanggal 20 Agustus dan Siklus III dilaksanakan pada tanggal 25 Agustus .Penelitian dilaksanakan pada kelas III MI Batursari dengan jumlah siswa 28. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Metode Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar dan dapat memenuhi target pencapaian KKM matematika operasi hitung perkalian pada siswa kelas III. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar matematika pada setiap siklus dan adanya capaian presentase hasil belajar matematika yang secara klasikal sudah melampui batas capaian KKM. Peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas dari Pra Siklus ke Siklus I yaitu 65% dengan nilai rata-rata Pra Siklus. Siklus I ke Siklus II terjadi peningkatan 50 % dari nilai rata-rata. Tercapaianya target pencapaian KKM terbukti pada hasil dari Siklus III dengan rincian; Siklus I siswa yang tuntas sebanyak anak dengan presentase ketuntasan baru mencapai , 50 kemudian Siklus II siswa yang tuntas sebanyak anak dengan presentase ketuntasan masih 65% dan Siklus III siswa yang tuntas sebanyak anak dengan presentase ketuntasan sudah melampui batas pencapaian secara klasikal yaitu 75%. .

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2022 02:07
Last Modified: 12 Jan 2023 15:10
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14879

Actions (login required)

View Item View Item