Diah, Henny Istining (2016) Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Materi Jenis-jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi melalui Kolaborasi Metode Everyoe Is Teacher Heredan Media Gambar pada Siswa Kelas V MI Miftahul Huda Truko Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
Text
Henny Istining Diah (11511055).pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan upaya peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPS materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi pada siswa kelas V MI Miftahul Huda Truko. Penelitian ini digunakan untuk menjawab permasalahan, apakah kolaborasi metode everyone is teacher here dan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi pada siswa kelas V MI Miftahul Huda Truko Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang tahun ajaran 2015/2016? Permasalahan yang mendasari peneliti menggunakan Classroom Action Research atau Penilaian Tindakan Kelas (PTK). Adapun langkah-langkah dalam penelitian ini yaitu planing (perencanaan), acting (pelaksanaan), observing (pengamatan),dan reflecting (refleksi). Penelitian Tindakan Kelas ini juga dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil dalam setiap siklus, yaitu rata-rata nilai kelas pada pra siklus adalah 76,11. Siklus I rata-rata nilai kelas mencapai 77,77 dan siklus II rata-rata nilai kelas meningkat menjadi 87,77. Sehingga dapat dinyatakan bahwa penerapan kolaborasi metode everyone is teacher here dan media gambar ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Miftahul Huda Truko pada mata pelajaran IPS materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 12 Apr 2017 02:08 |
Last Modified: | 12 Apr 2017 02:08 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1488 |
Actions (login required)
View Item |