Rohasita, Besty Nilma (2022) PENGARUH PENERAPAN LITERASI DIGITAL DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 3 SECANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [UNSPECIFIED]
Text
SKRIPSI BESTY NILMA - 23070180009 REVISI FIX.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Rohasita, Besty Nilma. 2022. Pengaruh Literasi Digital dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Secang Tahun Pelajaran 2022/2023. Tahun 2022. Skripsi, Salatiga: Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Saiful Marom, M.Sc. Kata Kunci: Literasi Digital; Gaya belajar dan Hasil Belajar Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh literasi digital terhadap hasil belajar matematika; 2) Pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika; 3) Pengaruh literasi digital dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex-post-facto. Penelitian ini bersifat asosiatif kausal dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dua atau lebih variabel independen terhadap satu variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX di SMP Negeri 3 Secang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling, kemudian diputuskan kelas IX B sebagai kelas uji coba dengan jumlah siswa sebanyak 20 dan kelas yang sebagai sampel adalah kelas IX A yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan datanya yaitu dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Pengujian hipotesisnya menggunakan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan uji hipotesis, peneliti dapat memberikan kesimpulan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh positif mengenai penerapan literasi digital dengan hasil regresi, koefisien sebesar 0,463 yang artinya setiap penambahan 1% penerapan literasi digital, hasil belajar matematika akan meningkat sebesar 0,463; 2) Terdapat pengaruh positif mengenai gaya belajar dengan nilai koefisien sebesar 0,052 yang artinya setiap penambahan 1% gaya belajar akan mengakibatkan perubahan sebesar 0,052 pada variabel hasil belajar matematika; 3) Terdapat pengaruh positif mengenai penerapan literasi digital dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa dengan nilai koefisien literasi digital sebesar 0,462 sedangkan koefisien gaya belajar sebesar 0,021 yang berarti setiap terjadi peningkatan 1% literasi digital dan gaya belajar maka akan menyebabkan kenaikan hasil belajar matematika, begitu juga sebaliknya.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? MAT ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 27 Sep 2022 06:19 |
Last Modified: | 13 Oct 2022 12:39 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14887 |
Actions (login required)
View Item |