PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI METODE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTU ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS 4 MI DARUL ULUM GATAK SUGIHAN TAHUN AJARAN 2015/2016

PURWOKO, RIYANTO FITRI (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI METODE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTU ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS 4 MI DARUL ULUM GATAK SUGIHAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
VITRI .pdf

Download (4MB)

Abstract

Riyanto Fitri Purwoko. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Melalui Metode Number Head Together (NHT) berbantu Alat Peraga Jajargenjang dan Segitiga Pada Siswa Kelas IV MI Darul Ulum Gatak Sugihan Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga Pembimbing Peni Susapti, M.Si. Kata Kunci : Hasil Belajar Matematika, Bangun Datar, Metode Number Head Together. Hasil belajar yang diperoleh siswa kelas IV MI Darul Ulum Gatak Sugihan Tahun 2015/2016 pada mata pelajaran Matematika masih rendah rata-rata kelas hanya mencapai 58,6. Hal ini karena dalam menyampaikan pelajaran matematika, guru lebih cenderung menggunakan metode ceramah dan kurang melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pelajaran. Pendidikan Metode Number Head Together dapat dijadikan alternatif metode pembelajaran dalam membelajarkan Matematika. Metode ini mengarahkan pemahaman siswa pada pembelajaran aktif (active learning) yang melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran agar siswa lebih mampu memahami materi, dan belajar Matematika menjadi lebih menyenangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus. Subyek penelitian ini siswa kelas IV MI Darul Ulum Tahun 2015 yang berjumlah 12 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Obyek penelitian ini adalah hasil belajar matematika pada materi bangun datar melalui metode number head together yang berbantu alat peraga. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, dokumentasi dan observasi terhadap guru. Hasil tes dianalisis dengan statistik deskriptif. Penelitian yang telah dilaksanakan pada siswa kelas IV MI Darul Ulum Gatak Sugihan menunjukkan hasil bahwa penggunaan metode number head together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi bangun datar. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 8 siswa atau 67% dan yang belum tuntas 4 siswa atau 37% dengan rata-rata kelas 65,4, siklus II yang tuntas sebanyak 12 siswa atau 100% dan rata-rata kelasnya 79,13.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2017 02:33
Last Modified: 12 Apr 2017 02:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1492

Actions (login required)

View Item View Item