majid, abdul (2022) PENGARUH CUSTOMER ONLINE RATING DAN INOVASI PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI TOKO CAKE & BAKERY KANAYA DI KABUPATEN PATI DENGAN RELATIONSHIP MARKETING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. [UNSPECIFIED]
Text
SKRIPSI ABDUL MAJID 63020170109.pdf Download (3MB) |
|
Text
SKRIPSI ABDUL MAJID 63020170109.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh customer online rating dan inovasi produk terhadap loyalitas pelanggan di toko cake & bakery kanaya kota pati dengan relationship marketing sebagai variabel intervening. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif data primer yang ada di toko cake & bakery kanaya di kabupaten Pati tahun 2022. Metode penelitian menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji statistik, uji analisis regresi, dan uji path analisis. Hasil penelitian melakukan uji validitas dan uji reliabilitas kepada 40 responden atas variabel customer oline rating, inovasi produk, loyalitas pelanggan dan relationship marketing telah memenuhi syarat dan valid dengan signifikansi yang lebih besar dari > 0,05 atau r tabel 0,320. Serta Cronbach Alpha lebih dari 0,6 (>0,60). Penelitian dengan menyebar kuesioner kepada 100 responden. Dengan hasil penelitian variabel customer online rating nilai (signifikansi 0,267) maka tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Variabel inovasi produk nilai (signifikansi 0,016) maka berpengaruh dengan loyalitas pelanggan. Variabel customer online rating nilai (signifkiansi 0,022) maka berpengaruh terhadap relationship marketing. Variabel inovasi produk nilai (signifikansi 0,000) maka berpengaruh terhadap relationship marketing. Variabel relationship marketing nilai (signifikansi 0,002) maka berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Variabel customer online rating menggunakan path analisis dengan rumus sobel dengan nilai signifikansi 8,639 lebih besar > (1,660) maka berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh variabel intervening yaitu relationship marketing. Variabel inovasi produk menggunakan path analisis dengan rumus sobel dengan nilai signifikansi 6,754 lebih besar > (1,660) maka berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh variabel intervening yaitu relationship marketing.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 03:29 |
Last Modified: | 11 Oct 2022 14:00 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15009 |
Actions (login required)
View Item |