EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION SETTING KELOMPOK DAN SETTING INDIVIDU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP PGRI PAKIS TAHUN PELAJARAN 2021/2022

damayanti, vita novia (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION SETTING KELOMPOK DAN SETTING INDIVIDU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP PGRI PAKIS TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manakah yang lebih efektif terhadap hasil belajar matematika model pembelajaran problem posing tipe post solution setting kelompok atau model pembelajaran problem posing tipe post solution setting individu terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMP PGRI Pakis tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif Quasi Eksperimen dengan pendekatan the pretest-posttest two treatment design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP PGRI Pakis. Pengambilan sampel ini menggunakan cluster random sampling maka didapat sample sehingga yang terpilih kelas VII B sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VII A sebagai eksperimen 2. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji one sample t-test, uji independent sample t-test, uji N-gain score. Menunjukkan bahwa hasil uji Uji One Sampel T-Test untuk kelas eksperimen 1 rata-rata nilainya 74,75 mencapai KKM dengan sig (2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05 maka H_0 ditolak dan H_1 diterima, sedangkan untuk kelas eksperimen 2 61,62 mencapai KKM. Dengan sig (2-tailed) 0,486 > 0,05 maka H_0 diterima dan H_1 ditolak. Terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 1 74,75 sementara untuk kelas eksperimen 2 61,62 dengan sig (2-tailed) 0,002 < 0,05 maka H_0 ditolak dan H_1 diterima. Peningkatan hasil belajar kelas eksperimen 1 berada pada kategori cukup efektif sedangkan pada kelas eksperimen 2 kurang efektif dengan nilai kelas eksperimen 1 sebesar 56% yang termasuk dalam kategori cukup efektif (56-75%). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran model problem posing tipe post solution setting kelompok lebih efektif terhadap hasil belajar matematika di SMP PGRI Pakis Tahun Pelajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Oct 2022 18:37
Last Modified: 11 Oct 2022 18:37
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15018

Actions (login required)

View Item View Item