Nurazizah, Khairunnisa Laela (2022) EFEKTIVITAS KONSELING QUR’ANI DENGAN TEKNIK TADABBUR SURAT AL-INSYIRAH UNTUK MEREDUKSI STRES AKADEMIK PADA SISWA KELAS VIII A DI MTs NEGERI 4 CILACAP. [UNSPECIFIED]
Text
Khairunnisa Laela Nurazizah 23080180042-2.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah; (1) untuk mengetahui pelaksanaan konseling Qur’ani dengan teknik tadabbur surat Al-Insyirah untuk mereduksi stres akademik pada siswa, (2) untuk mengetahui efektivitas konseling Qur’ani dengan teknik tadabbur surat Al-Insyirah untuk mereduksi stres akademik pada siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan one group pretest-posttest design yang di mana terdapat tes sebelum dan sesudah perlakuan tertentu. Sumber data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket dan dokumetasi pada subjek. Subjek dalam penelitian yakni 15 siswa dari 34 siswa kelas VIII A di MTs Negeri 4 Cilacap. Hal tersebut berdasarkan data pretest siswa yang mengalami stres akademik dengan kategori tinggi dan sedang. Hasil penelitian ini (1) pelaksanaan konseling Qur’ani melalui tahap awal, tahap inti, dan tahap akhir. Tahap awal yaitu pembukaan, membaca surat Al-Fatihah, membina hubungan baik, menyampaikan tujuan, tahap, asas, kontrak layanan dan menanyakaan kesiapan siswa. Dalam tahap inti, siswa mengidentifikasi, menganalisis, menyusun prognosis, lalu menerapkan teknik tadabbur surat Al-Insyirah dengan membaca, menerjemahkan, memahami nilai-nilai yang terkandung dan memetik hikmah yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan. Pada tahap akhir, siswa dan peneliti membuat kesimpulan terkait layanan, siswa dan peneliti menyampaikan kesan dan pesan, rencana layanan yang akan datang, doa serta salam. (2) sebelum dilaksanakan konseling Qur’ani dengan teknik tadabbur surat Al-Insyirah memperoleh skor rata-rata 76,33 yang termasuk dalam kategori sedang, sedangkan setelah diberikan perlakuan konseling Qur’ani dengan teknik tadabbur surat Al-Insyirah memperoleh skor rata-rata 67,46 yang termasuk dalam kategori ringan. Hal tersebut dibuktikan dalam uji hipotesis menggunakan Paired Sample T-Test dengan hasil sig. (1-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak sedangkan Ha diterima.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | ?? BKI ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 16 Oct 2022 14:26 |
Last Modified: | 25 Oct 2022 13:07 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15052 |
Actions (login required)
View Item |