Safitri, Restika Dini (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 1 SELAMATKAN MAKHLUK HIDUP SUBTEMA 1 TUMBUHAN SAHABATKU DENGAN MENGGUNAKAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) SMART CENTER INDONESIA (SCI) MEDIA ONLINE PADA SISWA KELAS VI MI NEGERI SALATIGA 2022/2023. [UNSPECIFIED]
Full text not available from this repository.Abstract
Safitri, Restika Dini. 2022. “Peningkatan Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Dengan Menggunakan Learning Management System (LMS) Smart Center Indonesia (SCI) Media Online Pada Siswa Kelas VI MI Negeri Salatiga Tahun Pelajaran 2022/2023”. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Dra. Nur Hasanah, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar Tematik, Learning Management System (LMS), Aplikasi Smart Center Indonesia (SCI) Media Online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tematik tema 1 subtema 1 dengan menggunakan learning management system (lms) smart center Indonesia (sci) media online pada siswa kelas VI MI Negeri Salatiga tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Pengamatan, 4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIB MI Negeri Salatiga pada Tema 1 tentang Selamatkan Makhluk Hidup Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku. Jumlah siswa kelas VIB yaitu 30 siswa terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan learning management system (lms) smart center Indonesia (sci) media online dapat meningkatkan hasil belajar tematik pada siswa kelas VI MI Negeri Salatiga tahun pelajaran 2022/2023. Hal ini dapat dilihat dari hasil pra siklus sebelum menerapkan learning management system (lms) dengan menggunakan aplikasi smart center Indonesia (sci) media online hanya 8 (26,67%) siswa yang tuntas. Selanjutnya pada siklus I ada 16 (53,33%) siswa yang tuntas. Kemudian, pada siklus II ada 26 (86,67%) siswa yang tuntas. Hal tersebut menunjukkan bahwa ketuntasan siswa pada siklus II telah mencapai Kriteria Ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan yaitu sebesar 85% dengan nilai ≥75 (KKM). Oleh karena itu, hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan siklus dapat dihentikan.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 31 Oct 2022 05:34 |
Last Modified: | 01 Nov 2022 20:26 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15155 |
Actions (login required)
View Item |