PEMBINAAN KEAGAMAAN DAN ETIKA PERGAULAN PADA SISWA MTS ARROSYIDIN MADUSARI KECAMATAN SECANG KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2021/2022

Lestari, Puji (2022) PEMBINAAN KEAGAMAAN DAN ETIKA PERGAULAN PADA SISWA MTS ARROSYIDIN MADUSARI KECAMATAN SECANG KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI PUJI LESTARI 23010180273.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1. Metode yang digunakan dalam pembinaan keagamaan dan etika pergaulan pada siswa MTs Arrosyidin Madusari, 2. Faktor pendukung dan penghambat pembinaan keagamaan dan etika pergaulan pada siswa MTs Arrosyidin Madusari, 3. Menganalisis implikasi pembinaan keagamaan dan etika pergaulan pada siswa MTs Arrosyidin Madusari. Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan di lapangan atau mengamati secara langsung. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis kualitatif deskriptif yang diperoleh dari data yang telah ditemukan dan analisis yang ada. Sumber data yang ada dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yang didaptkan dari wawancara langsung dengan kepala madrasah, guru dan siswa, sedangkan sumber data sekunder yaitu berupa hasil observasi dan dokumentasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Metode pembinaan keagamaan dan etika pergaulan pada siswa MTs Arrosyidin Madusari dilakukan melalui 3 metode utama yaitu: metode keteladanan, metode pembiasaan serta metode nasihat, serta 3 metode pembantu yaitu: Metode Qashas (Kisah), Metode Amtsal (Perumpamaan) dan metode Tsawab (Hadiah) dan ‘Iqab (Hukuman); Faktor pendukung pembinaan keagamaan dan etika pergaulan pada siswa MTs Arrosyidin Madusari antara lain: adanya tenaga pendidik yang kompeten, sarana dan prasarana yang memadai dan lingkungan madrasah yang mendukung. Faktor penghambat pembinaan keagamaan dan etika pergaulan pada siswa MTs Arrosyidin Madusari antara lain: lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. Implikasi pembinaan keagamaan pada siswa MTs Arrosyidin Madusari yaitu a. Menjalankan Shalat, b. Membaca Al-Qur’an, c. Menjalankan puasa, d. Bersedekah, e. Menyantuni Anak yatim, f. Bertegur sapa, g. Menjalin hubungan ukhuwah untuk meningkatkan rasa persaudaraan yang kuat, h. Mengikuti kegiatan keagamaan. Implikasi etika pergaulan pada siswa MTs Arrosyidin Madusari yaitu adanya perubahan perilaku siswa setelah adanya pembinaan etika pergaulan seperti: a. Meghormati guru, b. Mematuhi peraturan sekolah, c. Berperilaku yang baik terhadap teman sebaya

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Nov 2022 16:17
Last Modified: 03 Nov 2022 16:17
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15192

Actions (login required)

View Item View Item