Aini, Siti Nur (2022) HUBUNGAN SELF-ESTEEM DENGAN PERILAKU NARSISME PENGGUNA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA REMAJA DI KOTA SALATIGA. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
SITI NUR AINI_43040180042_PSIKOLOGIISLAM.pdf Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian yaitu (1) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan self-esteem dengan perilaku narsisme pengguna media sosial instagram pada remaja di Kota Salatiga, (2) Untuk mengetahui gambaran tingkat perilaku narsisme pengguna media sosial instagram pada remaja di Kota Salatiga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasi dengan menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja di Kota Salatiga dengan jumlah 35. 752 jiwa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 85 remaja yang memenuhi syarat penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti diterima, yaitu adanya hubungan antara self-esteem dengan perilaku narsisme. Berdasarkan analisis data deskriptif tingkat self-esteem yang dimiliki oleh remaja di Kota Salatiga diketahui rata-rata menempati kategori sedang, yaitu terdapat 2 remaja (2,4%) memiliki self-esteem yang rendah, 47 remaja (55, 3%) memiliki self-esteem yang sedang, dan 36 remaja (42,4%) memiliki self-esteem yang tinggi. berdasarkan hasil analisis data deskriptif perilaku narsisme pada remaja di Kota Salatiga diketahui bahwa rata-rata menempati kategori yang sedang. Di mana sebanyak 32 remaja (37, 6%) memiliki perilaku narsisme yang rendah, 48 remaja (56,5%) memiliki perilaku narsisme yang sedang, serta 5 remaja (5,9%) memiliki perilaku narsisme yang tinggi. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi product moment Karl Pearson dengan hasil penelitian terdapat hubungan yang signifikan antara self-esteem dengan perilaku narsisme sebesar 0, 436 (P <0,05). Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara self-esteem dengan perilaku narsisme pengguna media sosial instgaram pada remaja di Kota Salatiga dengan derajat hubungan berkorelasi sedang.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Psikologi Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 07 Nov 2022 14:52 |
Last Modified: | 07 Nov 2022 14:52 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15225 |
Actions (login required)
View Item |