Fadillah, Amar Candu (2022) PENGARUH KONFORMITAS DAN RELIGIUSITAS TERHADAP CELEBRITY WORSHIP PADA PENGGEMAR BOYGROUP BTS (BANGTAN SONYEONDAN) DI SALATIGA). [UNSPECIFIED]
Text
SKRIPSI PRINT CANDU.pdf Download (2MB) |
Abstract
Abstrak Fadillah, Amar Candu. 2022. Pengaruh Konformitas dan Religiusitas terhadap Celebrity Worship pada Penggemar Boygroup BTS (Bangtan Sonyeondan) di Salatiga. Tahun: 2022. Skripsi, Salatiga: Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Rr. Wuri Arenggoasih, M.I.Kom. Kata Kunci: Konformitas, Religiusitas, dan Celebrity Worship Meningkatnya popularitas budaya Korea di Indonesia khususnya bidang hiburan membuat para penggemar berlomba-lomba melakukan sesuatu yang berkaitan dengan idolanya. Perilaku tersebut dalam psikologi dikenal sebagai celebrity worship. Celebrity worship adalah perilaku pemujaan secara berlebihan dan melibatkan perasaan obsesi terhadap selebriti. Berdasarkan penelitian terdahulu, celebrity worship dapat dipengaruhi oleh konformitas dan religiusitas. Tujuan dari penelitian ini: 1) Untuk mengetahui tingkat konformitas, religiusitas, dan celebrity worship pada penggemar boygroup BTS di Salatiga. 2) Untuk mengetahui pengaruh konformitas terhadap celebrity worship pada penggemar boygroup BTS di Salatiga. 3) Untuk mengetahui pengaruh konformitas terhadap celebrity worship pada penggemar boygroup BTS di Salatiga. 4) Untuk mengetahui pengaruh konformitas dan religiusitas secara bersama-sama terhadap celebrity worship pada penggemar boygroup BTS di Salatiga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah komunitas penggemar ARMY Salatiga sebanyak 131 anggota sebagai sampel penelitian dengan kriteria yang beragama Islam. Setelah mengumpulkan data penelitian dengan menyebar kuesioner melalui google form, peneliti melakukan uji regresi linear berganda sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Konformitas pada ARMY Salatiga sebesar 67,2% berada dalam kategori sedang, 17,6% berada pada kategori rendah dan 15,3% berada pada kategori tinggi. Religiusitas 63,4 % berada pada kategori sedang, 20,6% berada pada kategori tinggi dan 16% berada pada kategori rendah. Celebrity worship 67,2% berada pada kategori sedang, 19,1% berada pada kategori tinggi dan 13,7% berada pada kategori rendah. 2) Konformitas berpengaruh secara signifikan terhadap celebrity worship dengan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05. 3) Religiusitas tidak berpengaruh secara signifikan terhadap celebrity worship dengan nilai sig. sebesar 0,586 > 0,05. 4) Konformitas dan religiusitas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap celebrity worship dengan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05. Konformitas dan religiusitas menyumbangkan pengaruh sebesar 50,5% terhadap celebrity worship
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Agama > Keislaman |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Psikologi Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 15 Nov 2022 20:45 |
Last Modified: | 27 Dec 2022 15:32 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15308 |
Actions (login required)
View Item |