IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ASWAJADAN PEMBIASAAN IBADAH SUNNAH SISWA KELAS VIII MTs YAKTI TEGALREJO KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2021/2022

Zahro, Umniatuz (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ASWAJADAN PEMBIASAAN IBADAH SUNNAH SISWA KELAS VIII MTs YAKTI TEGALREJO KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
UMNIATUZZAHRO 23010180258.pdf

Download (3MB)

Abstract

Zahro, Umniatuz. 2022. Implementasi Pembelajaran Aswaja dan Pembiasaan Ibadah Sunnah Siswa Kelas VIII MTs Yakti Tegalrejo Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi, UIN Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Pembimbing: Syaefudin Achmad M.Pd.I. Kata Kunci: Implementasi; Pembelajaran Aswaja; Pembiasaan Ibadah Sunnah. Pendidikan merupakan wahana yang tepat dalam membentuk manusia seutuhnya, didalamnya terdapat berbagai macam keunggulan daam membentuk manusia seutuhnya, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Pembelajaran Aswaja di lingkungan pendidikan yang berafiliasi dengan Nahdlatul Ulama, baik secara struktural maupun kultural, sudah selayaknya diajarkan. Sebab Aswaja merupakan metode berpikir dalam melihat segala persoalan kehidupan keummatan. Pendidikan Aswaja secara umum memiliki poin atau nilai-nilai pokok yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Pembiasaan merupakan cara yang efektif dalam menambahkan nilai-nilai posiif ke dalam diri anak. MTs Yakti Tegalrejo Kabupaten Magelang merupakan salah satu madrasah yang juga menanamkan pembiasaan ibadah sunnah. Di madrasah ini selain diajarkan pengetahuan agama juga diajarkan pengetahuan umum dan teknologi. Selain itu, di madrasah ini juga dilaksanakan berbagai kegiatan ekstrakurikuer, serta berbagai kegiatan yang mengandung nilai-nilai Aswaja dalam rangka pembiasaan ibadah sunnah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang di MTs Yakti Tegalrejo Kabupaten Magelang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan dan dari itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Pembelajaran Aswaja dan Pembiasaan Ibadah Sunnah Kelas VIII di MTs Yakti Tegalrejo Kabupaten Magelang yang menekankan cerminan nilai-nilai Aswaja yang diwujudkan dalam bentuk kurikulum dan pelaksanaan pembelajaran dengan pembekalan teori, aktivitas ritual (amaliyah-amaliyah) dan pengajaran akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, implementasi pembelajaran Aswaja tidak hanya bersifat teoritis tetapi juga aplikatif dibuktikan dengan adanya pembiasaan ibadah sunnah yang ada. Skripsi ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran yang dapat dijadikan sebagai masukan untuk mengantisipasi permasalahan pendidikan Islam masa sekarang dan yang akan datang.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Nov 2022 16:00
Last Modified: 17 Nov 2022 09:06
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15322

Actions (login required)

View Item View Item