rahmadi, Ihwal (2022) IMPLEMENTASI PEMBINAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DAN PEDULI SOSIAL SISWA MTs AL HUDA KARANGPANDAN KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2022/2023. [UNSPECIFIED]
Text
Skripsi Ihwal Rahmadi 23010180227.pdf Download (4MB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui: (1) bentuk pembinaan ekstrakurkuler keagamaan; (2) bentuk pembinaan peduli sosial siswa; (3) faktor penghambat kegiatan ekstrakurikuler keagamaan, dan (4) faktor penghambat sikap peduli sosial siswa MTs Al Huda Karangpandan. Penulis menggunakan penelitian kualitatif, pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Dalam keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan tekhnik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) bentuk pembinaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dilakukan dengan tiga kegiatan, yaitu hadrah, BTA, dan rebana modern, (2) bentuk pembinaan sikap peduli sosial siswa yaitu salat berjamaah, menjenguk teman yang sakit dengan cara home visit, dan bersihbersih sekolah, (3) faktor penghambat pembinaan ekstrakurikuler keagamaan yaitu kurangnya pembina yang ahli dibidang ekstrakurikuler keagamaan dan sarana prasarana yang masih kurang, dan (4) faktor penghambat pembinaan peduli sosial yaitu perbedaan suku, bahasa, dan budaya yang membuat pembinaan peduli sosial menjadi terhambat, tetapi sekolah mengatasi dengan menggunakan jas almamater saat di sekolah.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 24 Nov 2022 17:42 |
Last Modified: | 24 Nov 2022 10:51 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15374 |
Actions (login required)
View Item |