Maula, Ulya Ni’matul (2016) Peningkatan Hasil Belajar IPA materi Ciri-Ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup Melalui Strategi Pembelajaran Mind Maps Pada Siswa Kelas III MI Suruh 01 Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
Text
skripsi jadi.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran mind maps dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup pada siswa kelas III MI Suruh 01 Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas III MI Suruh 01 Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan pada semester gasal pada tahun 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan menggunakan strategi pembelajaran mind maps. Penelitian ini dilaksanakan di MI Suruh 01 Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang tahun ajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan strategi pembelajaran mind maps dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA materi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa. Jumlah siswa yang mencapai nilai KKM pada pra siklus sebanyak 3 siswa (15,7%), siklus I sebanyak 11siswa (57,9%), siklus II sebanyak 17 siswa(89,47 %). Nilai rata-rata kelas pra siklus: 46,57, siklus I: 66,31, dan pada siklus II: 79,63.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 13 Apr 2017 03:55 |
Last Modified: | 13 Apr 2017 03:55 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1541 |
Actions (login required)
View Item |