dinanti, fega (2022) SINERGITAS GURU DAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS I MI TARBIYATUL AULAD JOMBOR KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG. [UNSPECIFIED]
Text
FEGA DINANTI 23040180090 fix.pdf Download (2MB) |
Abstract
Dinanti, Fega. 2022. Sinergitas Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas1 MI Tarbiyatul Aulad Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 20121/2022. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Skripsi : Imam Mas Arum, S.Pd., M.Pd Kata Kunci : Sinergitas Guru dan Orang Tua; Kemampuan Membaca Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sinergitas guru dan orang tua dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 MI Tarbiyatul Aulad Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2021/2022. Fokus Penelitian ini meliputi : (1) Mengetahui sinergitas guru dan orang tua dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 MI Tarbiyatul Aulad Jombor kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat sinergitas guru dan orang tua dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 MI Tarbiyatul Aulad Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Responden penelitian ini adalah Guru Kelas 1 (satu) dan Orang Tua Peserta Didik. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini adalah sumber data primer yang diperoleh melalui penelitian secara langsung dari hasil wawancara antara penulis dengan responden. Selanjutnya adalah sumber data sekunder yang diperoleh dari sumber yang tidak tertulis seperti dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan data menggunakan trianggulasi sumber, metode, dan waktu. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Pengetahuan dan kesadaran akan pentingnya sinergitas telah dimiliki oleh guru dan orang tua di MI Tarbiyatul Aulad Jombor. Komunikasi antara guru antara orang tua dalam memenuhi kewajiban masing-masing sebagai pendidik bagi siswa merupakan bentuk utama dari sinergitas tersebut. . (2) Suasana hati siswa yang kurang harus disikapi dengan baik. Memberikan fasilitas yang cukup dan apresiasi terhadap hasil yang diperoleh siswa dapat mendukung semangat siswa dalam proses belajar membaca. Orang tua yang bekerja harus mempunyai cara yang cerdas untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 02 Dec 2022 20:57 |
Last Modified: | 02 Dec 2022 14:00 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15429 |
Actions (login required)
View Item |