septiani, heriana astri (2022) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III MI TARBIYATUL AULAD JOMBOR KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
Heriana Astri S Revisi Sidang (1)-1.pdf Download (2MB) |
Abstract
Septiani, Heriana A. 2022. Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Mi Tarbiyatul Aulad Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Skripsi : Imam Mas Arum, S.Pd., M.Pd Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Ketrampilan Berbicara Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1).Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Mi Tarbiyatul Aulad Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. 2).Untuk mengetahui factor pendukung dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III MI Tarbiyatul Aulad Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. 3). Untuk mengetahui factor penghambat dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III MI Tarbiyatul Aulad Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kualitatif diskriptif, dengan teknik pengumpulan data melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa 1). Strategi yang dilakukan guru dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa adalah a) Mengembangkan mutu pendidiknya terlebih dahulu, b) Menempatkan guru senior yang sudah banyak pengalaman belajar dan lebih paham mengenai tata cara berbicara dan c) Guru kelas III memutuskan untuk menggunakan pendekatan pragmatik dalam upaya meningkatkan keterampilan berbicara siswa. 2) Faktor pendukung dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa adalah; a) Dukungan dari kepala sekolah dengan mengikutsertakan guru dalam pelatihan-pelatihan, b) Lingkungan keluarga, lingkungan keluarga memainkan peranan utama dalam menentukan perkembangan anak, dan dalam lingkungan keluarga inilah anak pertama kali menerima pendidikan. 3) Faktor penghambat dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa adalah; Lingkungan. Lingkungan tempat tinggal siswa menjadi faktor penting dalam meningkatnya keterampilan berbicara siswa. Karena lingkungan adalah tempat siswa tumbuh dan berkembang
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 02 Dec 2022 21:12 |
Last Modified: | 02 Dec 2022 21:12 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15430 |
Actions (login required)
View Item |