Analisis Kesalahan Siswa Dalam Penyelesaian Soal C4 Materi Peluang Berdasarkan Prosedur Newman Pada Kelas Viii SMP Neheri 1 Gubug

Munawwaroh, Alda Gemellia (2022) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Penyelesaian Soal C4 Materi Peluang Berdasarkan Prosedur Newman Pada Kelas Viii SMP Neheri 1 Gubug. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi_Alda Gemellia.pdf

Download (5MB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran matematika, tidak jarang dijumpai kekeliruan siswa dalam memecahkan suatu masalah. Berdasarkan kekeliruan-kekeliruan yang dilakukan siswa tersebut, maka penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa dalam penyelesaian soal tipe penalaran atau C4 menggunakan prosedur Newman dalam materi peluang, memaparkan hal-hal yang menjadi penyebab siswa melakukan kesalahan, serta berusaha mencari solusi untuk meminimalisasi kekeliruan siswa tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Melibatkan 33 siswa kelas VIII I. Metode pengumpulan data yang dilakukan yakni dengan tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan data, dilakukan triangulasi sumber yakni hasil tes dan hasil wawancara. Berdasarkan analisis kesalahan Newman, diperoleh kesalahan yang dilakukan oleh 31 siswa kelas VIII I SMP Negeri 1 Gubug yaitu kesalahan membaca sebesar 45,1% atau 14 siswa, kemudian kesalahan memahami konsep sebesar 61,2% atau 19 siswa, kesalahan transformasi sebanyak 29,03% atau 9 siswa, kesalahan keterampilan proses sebesar 54,8% atau 17 siswa, dan kesalahan penulisan jawaban sebesar 3,22% atau 1 siswa.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Dec 2022 15:57
Last Modified: 12 Dec 2022 13:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15505

Actions (login required)

View Item View Item