PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI METODE PAIKEM DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI SISWA KELAS V MI MA’ARIF DUKUH SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

KHABIBAH, SITI (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI METODE PAIKEM DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI SISWA KELAS V MI MA’ARIF DUKUH SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI Siti Khabibah 043.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berusaha untuk mengetahui apakah penerapan metode PAIKEM dengan media gambar berseri dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi menulis karangan deskripsi pada siswa kelas V MI Ma'arif Dukuh Salatiga tahun pelajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa indonesia dan siswa kelas V MI Ma'arif Dukuh Salatiga. Jumlah siswa seluruhnya 16 orang, 9 Iaki-laki dan 7 perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan penilaian tes tertulis, lembar observasi, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Membandingkan pencapaian hasil belajar untuk setiap siklus yang ditentukan oleh peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal digunakan untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil penelitian ini, penerapan metode PAIKEM dengan media gambar berseri dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V. Hal ini dapat ditunjukkan oleh hasil nilai pra-siklus yaitu 31% (5 siswa) yang dapat memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal dengan nilai rata-rata 66,25. Sedangkan 69% (11 siswa) belum memenuhi standar KKM. Pada siklus I terjadi peningkatan hasil belajar siswa, yaitu 56% (9 siswa) tuntas belajar dengan nilai rata-rata 75,00, sedangkan 44% (7 siswa) belum memenuhi standar KKM. Pada siklus II menjadi 87,5% (14 siswa) dari keseluruh siswa kelas V yang mencapai sandar KKM, dengan nilai rata-rata 86,00. Dengan demikian, hasil belajar yang dicapai siswa pada siklus I dan II mengalami peningkatan sebesar 31,5%.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Dec 2022 15:37
Last Modified: 14 Dec 2022 08:55
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15521

Actions (login required)

View Item View Item