Mustafi'ah, Emi (2022) IMPLEMENTASI KETAATAN BERIBADAH DAN SIKAP ANTUSIAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMA ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
Emi Mustafi'ah 23010180240.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Mustafi’ah, Emi. 2022. Implementasi Ketaatan Beribadah dan Sikap Antusias Siswa dalam Pembelajaran PAI di SMA Islam Sudirman Ambarawa Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi, Salatiga : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dra Widyastuti, M.Pd. Kata Kunci : Implementasi, Ketaatan Beribadah, Sikap Antusias, Pembelajaran PAI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Implementasi ketaatan beribadah di SMA Islam Sudirman Ambarawa; 2) Implementasi sikap antusias siswa dalam pembelajaran PAI di SMA Islam Sudirman Ambarawa; 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan ketaatan beribadah dan sikap antusias siswa dalam pembelajaran PAI di SMA Islam Sudirman Ambarawa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Sumber data yang diperoleh berasal dari data primer yaitu hasil wawancara dari waka kurikulum, guru PAI, guru BK, dan siswa serta observasi; dan sumber data sekunder yang berasal dari buku, foto dan dokumen. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ketaatan beribadah yang ada di SMA Islam Sudirman Ambarawa yaitu berdoa dan membaca asmaul husna, salat, puasa, membaca Al-Qur’an, bersikap takzim kepada guru, dan mengikuti kegiatan keagamaan. Cara yang digunakan guru untuk menerapkan ketaatan beribadah kepada siswa yaitu dengan keteladanan, bimbingan (memberikan arahan), hukuman, dan pembiasaan. 2) Sikap antusias siswa dalam pembelajaran PAI yang ada di SMA Islam Sudirman Ambarawa yaitu siswa memiliki respon, perhatian, kemauan, konsentrasi, dan kesadaran yang timbul pada diri siswa tanpa adanya paksaan atau suruhan yang diikuti oleh keinginan untuk melibatkan diri dalam aktivitas siswa dan proses belajar mengajar yang sedang berlangsung. Cara yang digunakan guru dalam menerapkan sikap antusias pada siswa yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan, mengawali pembelajaran dengan ice breaking, mengadakan lomba antar kelas, dan mengajar dengan penuh perhatian. 3) Faktor yang mendukung dalam menerapkan ketaatan beribadah dan sikap antusias siswa dalam pembelajaran PAI yaitu diri siswa, dorongan dari para guru, keadaan keluarga, lingkungan pertemanan, sarana dan prasarana yang memadai, dan cara mengajar guru. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu siswa yang menyalahgunakan HP, keadaan keluarga, lingkungan pertemanan, belum terselesaikannya tugas menjelang waktu salat zuhur berjamaah, suasana kelas yang tidak kondusif, dan faktor tempat duduk.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 14 Dec 2022 21:30 |
Last Modified: | 14 Dec 2022 21:30 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15525 |
Actions (login required)
View Item |