PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI MENELADANI PERILAKU TERPUJI KHULAFAUR RASYIDIN MELALUI METODE JIGSAW DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 1 TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Ubaidillah, Rikaz Gholi (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI MENELADANI PERILAKU TERPUJI KHULAFAUR RASYIDIN MELALUI METODE JIGSAW DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 1 TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI RIKAZ GHOLI UBAIDILLAH.pdf

Download (6MB)

Abstract

Masalah yang diteliti pada penelitian kali ini adalah: Apakah metode jigsaw dan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar PAI materi meneladani perilaku terpuji khulafaur rasyidin pada siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022. Oleh karena itu, penelitian kali ini bertujuan untuk mengetahui bahwa melalui metode jigsaw dengan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar PAI materi meneladani perilaku terpuji khulafaur rasyidin pada siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan langkah-langkah pada penelitian ini ada 4 yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yaitu dengan teknik tes/soal, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik tes/soal digunakan untuk mengetahui hasil ketuntasan belajar dengan penerapan metode jigsaw dengan media audio visual pada peserta didik dalam pembelajaran. Lembar pengamatan/observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas guru maupun peserta didik ketika menggunakan metode jigsaw dengan media audio visual dalam pembelajaran. Dokumentasi digunakan sebagai tanda bukti bahwa telah melaksanakan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai pra siklus terdapat 8 peserta didik dengan persentase ketuntasan 33,33% dan terdapat 16 peserta didik dengan persentase tidak tuntas 66,67%. Sedangkan pada siklus I persentase ketuntasan 62,5% yakni 15 peserta didik dan terdapat 9 peserta didik dengan persentase tidak tuntas 37,5%. Pada siklus II terdapat 22 peserta didik dengan persentase ketuntasan 91,67% dan 2 peserta didik dengan persentase tidak tuntas. Hasil persentase ketuntasan nilai di setiap siklusnya yaitu: pra siklus 33,33% sebanyak 8 peserta didik yang tuntas, siklus I 62,5% sebanyak 15 peserta didik yang tuntas dan siklus II 91,67% sebanyak 22 peserta didik yang tuntas. Dengan demikian terbukti bahwa di setiap siklusnya mengalami peningkatan ketuntasan memenuhi target Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yakni 75. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini berhasil meningkatkan hasil belajar PAI materi materi meneladani perilaku terpuji khulafaur rasyidin melalui metode jigsaw dengan media audio visual pada siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Dec 2022 15:18
Last Modified: 22 Dec 2022 10:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15581

Actions (login required)

View Item View Item