WULANDARI, NOVIA (2022) PENERAPAN MODEL BLENDED LEARNING DENGAN PENDEKATAN FLIPPED CLASSROOM MELALUI MEDIA GEOGEBRA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MI TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]
Text
Novia Wulandari ( 23040170019 ).pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Wulandari, Novia. 2022. Penerapan Model Blended Learning Dengan Pendekatan Flipped Classroom Melalui Media Geogebra Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas V MI Tahun 2021/2022. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Wulan Izzatul Himmah, M. Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar; Blended Learning; Pendekatan Flipped Classroom; Geogebra; Matematika Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika bangun ruang melalui model Blended Learning metode Flipped Classroom dengan media Geogebra pada kelas V Muhammadiyah Ringinanom tahun 2021/ 2022. Penelitan ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V MI Muhammadiyah Ringinanom yang terdiri dari 14 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah evaluasi akhir, lembar observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan membandingkan pencapaian nilai tiap siklus yang ditandai adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dan II diperoleh data sebagai berikut: KKM mata pelajar matematika di MI M Ringinanom adalah 70. Hasil pada siklus I terdapat 9 siswa yang tuntas dengan presentase 64% dan 5 siswa yang belum tuntas dengan presentase 36%, dengan nilai rata-rata 65.35. Sedangkan dalam siklus II terdapat 13 siswa yang tuntas atau 93% dan 1 siswa yang belum tuntas atau 7%, dengan nilai rata-rata 76.78. Dengan demikian, terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I ke siklus II adalah 29%. Pada siklus II dengan presentase 93% ini menunjukkan tercapainya ketuntasan klasikal yang besarnya 85% dan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 22 Dec 2022 18:54 |
Last Modified: | 27 Dec 2022 09:41 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15612 |
Actions (login required)
View Item |