Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Materi Koperasi Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas IV MI Darussalam Bancak Tahun 2016/2017

Astutik, Erni (2017) Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Materi Koperasi Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas IV MI Darussalam Bancak Tahun 2016/2017. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
ERNI ASTUTIK.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw bagi siswa kelas IV MI Darussalam Bancak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas tipe penelitian tindakan partisipan dimana peneliti bekerja sama dengan guru kelas IV MI Darussalam Bancak. Yang terdiri dari 20 siswa, diantaranya 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di MI Darussalam Bancak, Kecamatan Bancak, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw bagi kelas IV MI Darussalam Bancak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Data yang diperoleh berupa hasil tes siswa sebagai data primer dan hasil obsevasi sebagai data pendukung. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif untuk hasil tes dan deskriptif kualitatif untuk hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran IPS bagi siswa Kelas IV MI Darussalam Bancak. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai dari siklus I hingga siklus III. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa pada siklus I ketuntasan prestasi belajar siswa baru mencapai 30%, nilai rata-rata 64,3. Pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 65%, nilai rata-rata 73. Peningkatan dari tindakan siklus I ke siklus II sebanyak 35%. Selanjutnya, pada siklus III hasil belajar siswa yang mencapai nilai KKM 75 sebanyak 85% , nilai rata-rata 77,5, dengan selisih nilai rata-rata antara siklus II dan siklus III yaitu 4,5. Meningkatnya nilai siswa ini memberi bukti bahwa hasil belajar siswa pada materi koperasi meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Apr 2017 03:59
Last Modified: 17 Apr 2017 03:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1572

Actions (login required)

View Item View Item