umami, Muslikhatul (2023) BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN BERMUATAN QS. ALI IMRAN AYAT 139 MELALUI METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS VII DI MTs AL- USWAH BERGAS KABUPATEN SEMARANG. [UNSPECIFIED]
Text
skripsi print new.pdf Download (3MB) |
Abstract
Umami, Muslikhatul. 2022. BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN BERMUATAN QS. ALI IMRAN AYAT 139 MELALUI METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS VII DI MTs AL- USWAH BERGAS KABUPATEN SEMARANG. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, QS. Ali Imran Ayat 139, Metode Role Playing, Percaya Diri Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) implementasi bimbingan kelompok dengan bermuatan QS. Ali Imran Ayat 139 melalui metode role playing untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa 2) efektivitas bimbingan kelompok dengan bermuatan QS. Ali Imran Ayat 139 melalui metode role playing untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain eksperimen yaitu pre-eksperimental design one- group pretest-posttest. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara random sampling dan menggunakan bantuan exel dengan jumlah populasi 180 siswa dan sampel berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji statistic deskriptif dan uji t. Hasil 1) pelaksanaan bimbingan kelompok ini ada beberapa tahapan seperti tahap pembentukan untuk saling mengenal dan memahami maksud bimbingan kelompok, tahap peralihan untuk mengalihkan kegiatan awal ke kegiatan lanjutan agar lebih terarah, tahap kegiatan merupakan tahap inti yaitu membahas topik bahasan juga praktik, tahap pengakhiran untuk melihat kembali apa yang sudah dilakukan dan pembahasan kegiatan lanjutan. Sebelum pada tahap kegiatan, didalam tahap kegiatan pemimpin kelompok menerapkan metode role playing dengan cara siswa memainkan peran sesuai skenario yang telah di tentukan, untuk siswa yang tidak mendapat peran akan menjadi pengamat. 2) Penggunaan bimbingan kelompok dengan bermuatan QS. Ali Imran Ayat 139 melalui metode role playing efektif untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa. Dapat dilihat dari hasil pretest yang semula kategori tinggi dengan angka ketercapaian 10%, kategori sedang 76,6%, kategori cukup 13,3% setelah diberikan posttest menjadi kategori tinggi dengan angka ketercapaian 30%, kategori sedang 66,6%, dan kategori cukup 3,3%. Jumlah awal skor pretest 3403 setelah diberi posttest meningkat menjadi 3513. Selain itu juga dibuktikan dengan hasil uji paired sample test diperoleh nilai signifikan (2-Tailed) untuk pretest posttest yaitu 0,000 < 0,05 yang artinya
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? BKI ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 02:38 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 19:50 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15729 |
Actions (login required)
View Item |