, Muhammad Choirul Anwar (2023) ANALISIS KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SLB-B NEGERI UNGARAN DAN SLB-B NEGERI SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
12010200049-MC Anwar-Tesis.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari masalah penyelenggaraan kurikulum PAI di sekolah Luar Biasa yang belum mengakomodasi keberadaan Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK). Maka perlu pembahasanan lebih lanjut tentang kurikulum PAI di SLB mengingat tendensi PDBK untuk mendapatkan pengajaran yang semakin meningkat. Maksud dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis kurikulum PAI beserta implementasinya di SLB-B Negeri Ungaran dan SLB-B Negeri Salatiga. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis melalui metode deskriptif kualitatif dengan langkah mereduksi data, menguji data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PAI di SLB-B Negeri Ungaran dan SLB-B Negeri Salatiga mengacu pada kurikulum pendidikan khusus dan kurikulum regular yang disesuaikan. Dua jenis kurikulum ini dikembangkan menggunakan model modifikasi dan model substitusi kurikulum. Sekolah mengimplementasikan kurikulum PAI melalui serangkaian proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, yang berpegegang pada prinsip relevansi, akomodasi dan fleksibilitas. Terdapat empat pendekatan yang dilakukan sekolah untuk mengevaluasi kurikulum PAI, yaitu dengan meninjau program PDBK secara kontinu, meningkatkan kualitas sumber daya sekolah, berkomunikasi aktif dengan orang tua, dan memperluas kapabilitas dukungan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | ?? PASCA-PAI ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 26 Jan 2023 14:31 |
Last Modified: | 26 Jan 2023 14:31 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15753 |
Actions (login required)
View Item |