Oktafiani, Putri (2023) KONSELING INDIVIDU DENGAN TERAPI DZIKIR UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN PADA SISWA BROKEN HOME DI MTs SA AL MINA BANDUNGAN KAB. SEMARANG. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
PUTRI OKTAFIANI 23080180029 FINAL.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Oktafiani, Putri. 2022. Konseling Individu dengan Terapi Dzikir untuk Menurunkan Kecemasan pada Siswa Broken Home di MTs SA Al Mina Bandungan Kab. Semarang. Skripsi, Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Salatiga. Pembimbing: Sya’ban Maghfur, M.Pd.I Kata Kunci: Konseling Individu, Terapi Dzikir, Kecemasan, Siswa Broken Home Tujuan penelitian ini memuat dua hal, yaitu: (1) mengetahui gambaran tingkat kecemasan pada siswa broken home di MTs SA Al Mina Bandungan Kab. Semarang; (2) untuk mengetahui konseling individu dengan terapi dzikir efektif menurunkan kecemasan pada siswa broken home di MTs SA Al Mina Bandungan Kab. Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan eksperimen subjek tunggal (single subject experimental design) model A-B Design. Subjek penelitian ini berjumlah 2 siswa dari korban broken home. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, kuesioner. Pada penelitian ini dilakukan 3 kali pengukuran pada fase baseline dan 3 kali pengukuran pada fase intervensi. Kondisi baseline pada kedua subjek AF dan LR mengalami tingkat kecemasan cukup tinggi. Subjek AF mendapatkan skor rata-rata 100 kemudian subjek LR mendapatkan 99,6. Setelah diberikan perlakuan melalui layanan konseling individu dengan terapi dzikir (fase intervensi) subjek merasa lebih rileks, sehingga tingkat kecemasan kedua subjek menurun menjadi tingkat kecemasan sedang. Subjek AF menghasilkan skor rata-rata 82 dan subjek LR 77. Berdasarkan skor rata-rata yang diperoleh, keberhasilan konseling individu dengan terapi dzikir pada subjek menunjukkan penurunan yang artinya mengalami peningkatan lebih baik. Kemudian pada hasil penelitian ini menunjukan bahwa subjek AF dan LR memperoleh presentase overlap yang kecil yakni sebesar 0%. Perubahan kecenderungan arah dan efeknya kedua subjek menunjukkan penurunan yang artinya membaik serta pada kecenderungan stabilitas kedua subjek menunjukkan secara stabil ke stabil. Pencapaian skor overlap yang rendah, perubahan kecenderungan arah dan efeknya membaik, serta perubahan kecenderungan stabilitas menunjukkan stabil ke stabil inilah yang dapat memperkuat hipotesis yang menyatakan bahwa konseling individu dengan terapi dzikir efektif menurunkan kecemasan pada siswa broken home.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? BKI ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 09 Feb 2023 17:33 |
Last Modified: | 09 Feb 2023 17:33 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15861 |
Actions (login required)
View Item |