Hidayatullah, Fikry Fuad (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIKIH MATERI SUJUD SAHWI SUJUD SYUKUR DAN SUJUD TILAWAH MELALUI METODE MODELING THE WAY DAN PROBING PROMTING PADA SISWA KELAS VIII MTS HAJI MUHAMMAD SUBANDI BAWEN KAB SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
Skripsi Fikry Fiks.pdf Download (3MB) |
Abstract
Hidayatullah, Fikry Fuad. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Fikih Materi Sujud Sahwi Sujud Syukur Dan Sujud Tilawah Melalui Metode Modeling The Way dan Probing Promting Pada Siswa Kelas VIII MTs Haji Muhammad Subandi Bawen Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi. Salatiga. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Agus Purnomo, M. Eng. Kata Kunci: Hasil Belajar, Sujud Sahwi Sujud Syukur dan Sujud Tilawah, Metode Modeling The Way dan Probing Promting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar fikih materi sujud sahwi sujud syukur dan sujud tilawah menggunakan metode modeling the way dan probing promting pada siswa kelas VIII A MTs Haji Muhammad Subandi Bawen Kabupaten Semarang tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang memiliki 2 siklus dan setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan. Tahapan ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian yang diteliti yaitu siswa kelas VIII A MTs Haji Muhammad Subandi Bawen Kabupaten Semarang dengan jumlah siswa 20 orang diantaranya 11 siswa dan 9 siswi. Teknik pengumpulan data peneliti adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian dengan menggunakan metode modeling the way dan probing promting berhasil dalam meningkatkan hasil belajar fikih materi sujud sahwi sujud syukur dan sujud tilawah pada siswa kelas VIII A MTs Haji Muhammad Subandi Bawen Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2022/2023. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas pada tahap siklus I mencapai 72,25. Dan rata-rata kelas siklus II naik menjadi 86,75. Hal ini memberikan masukan yang baik terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan untuk persentase ketuntasan siswa pada tahap siklus I mencapai 55% (11 siswa) dengan mengalami peningkatan 20%, dan pada tahap siklus II mendapat persentase sebesar 90% (18 siswa) dengan peningkatan sebanyak 35%. Sebaliknya persentase siswa yang tidak tuntas pada setiap siklusnya mengalami penurunan. siklus I mencapai 45% (9 siswa), dan diakhir siklus II juga mengalami penurunan menjadi 10% (2)
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 09 Feb 2023 20:18 |
Last Modified: | 09 Feb 2023 20:18 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15870 |
Actions (login required)
View Item |