PENDIDIKAN TAUHID DAN TASAMUH PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN EDI MANCORO DESA GEDANGAN KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2022

, Mariska Afni Nuraini Suhaeli (2023) PENDIDIKAN TAUHID DAN TASAMUH PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN EDI MANCORO DESA GEDANGAN KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Mariska Afni Nuraini Suhaeli_23010180088.pdf

Download (4MB)

Abstract

Suhaeli, Mariska Afni N. 2022. Pendidikan Tauhid dan Tasamuh pada Santri di Pondok Pesantren Edi Mancoro Desa Gedangan Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun 2022, Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Pendidikan Agama Islam, UIN Salatiga. Pembimbing: Drs. Bahroni, M.Pd. Kata Kunci: pendidikan, tauhid, tasamuh Penelitian ini membahas tentang Pendidikan Tauhid dan Tasamuh pada Santri di Pondok Pesantren Edi Mancoro Desa Gedangan Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun 2022. Tujuan yang hendak dicapai adalah untuk mengetahui (1) penerapan pendidikan tauhid dan tasamuh pada santri, (2) faktor pendukung dan penghambat penerapan pendidikan tauhid dan tasamuh pada santri, dan (3) solusi dalam mengatasi hambatan dalam menerapkan pendidikan tauhid dan tasamuh pada santri. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tiga aktivitas yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, penerapan pendidikan tauhid dan tasamuh pada santri di Pesantren Edi Mancoro sudah baik walaupun masih naik turun, akan tetapi dengan adanya dukungan, bimbingan, pengajaran dari pengasuh, ustadz, ustadzah, dan pengurus dalam menerapkan tersebut menjadikan kegiatan menjadi berjalan dengan baik. Kedua, penghambat yang ada yaitu para santri yang tidak andil dalam kegiatan di pesantren. Lingkungan tempat santri bergaul di dalam pondok maupun di luar pondok pesantren yang kurang baik menimbulkan pengaruh buruk bagi para santri sehingga muncul rasa malas dan kurang efektif mengikuti kegiatan di pesantren. Dukungan yang menjadi penguatan tersebut yaitu sarana prasarana dari pondok, kyai, ustadz, diri sendiri, kegitan-kegiatan pondok yang dapat meningkatakan ketauhidan dan sikap tasamuh santri. Ketiga, solusi mengatasi hambatan dalam menerapkan pendidikan tauhid dan tasamuh yaitu santri yang bermasalah diajak sedikit demi sedikit untuk diberikan bimbingan, agar santri tersebut lebih mendekatkan diri kepada Allah, bertaqwa kepada Allah, dan tumbuhnya rasa toleransi kepada sesama santri. Serta memperbanyak jam terutama dengan penambahan pelajaran tauhid, sosialisasi, dan motivasi santri.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Feb 2023 01:06
Last Modified: 23 Feb 2023 10:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15928

Actions (login required)

View Item View Item