MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN

Farikhah, Siti, SF (2015) MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN. Aswaja Presindo, Yogyakarta. ISBN 978-602-14834-0-4

[img] Text
manajemen lembaga pendidikan book-2.pdf

Download (1MB)

Abstract

Buku ini merupakan salah satu sarana ikhtiar membantu para mahasiswa dalam menempuh mata kuliah Manajemen Lembaga Pendidikan yang disusun berdasarkan silabi yang ada dan pengembangannya yang disesuaikan dengan pendidikan kekinian. Pengembangan lembaga pendidikan memerlukan seni dan ilmu tersendiri. Sehingga objek kajian manajemen pendidikan sangat penting dipelajari secara sistematis dan mendalam untuk selanjutnya diimplementasikan dalam aktivitas dan proses pendidikan, baik dalam lembaga pendidikan secara umum maupun lembaga-lembaga pendidikan yang lainnya. Buku ini menawarkan berbagai pemikiran konseptualteoritik dan aplikasi-praktik untuk memudahkan guru atau pendidik dalam menerapkannya di sekolah. Pada bagian pertama memaparkan konsepsi dasar manajemen pendidikan; bagian kedua, mengungkapkan ruang lingkup manajemen pendidikan yang meliputi objek kajian manajemen lembaga vii pendidikan dan bidang garapan manajemen pendidikan yang merupakan dapur intinya yang terdiri dari 8 (delapan) bidang garapan manajemen pendidikan di sekolah. Bagian ketiga membahas fungsi-fungsi manajemen dimana didalam pengelolaan lembaga pendidikan terkait dengan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan. Pada bagian keempat mengupas kewenangan lembaga pendidikan untuk mengembangkan aktivitas pendidikan yang lebih akuntabel melalui Manajemen Berbasis Sekolah, yaitu suatu program pengembangan lembaga pendidikan dan peningkatan mutu sekolah dengan merumuskan sistem pendidikan yang berbasis pada kultur masyarakat dan muatan lokal diwilayah tertentu. Bagian kelima mengkaji peran dan pentingnya keberadaan pemimpin atau manajer dalam suatu lembaga pendidikan. Bagian keenam, memaparkan suatu terobosan untuk memaksimalkan daya saing organisasi melalui TQM, yaitu manajemen mutu terpadu, merupakan salah satu pilihan yang tepat dalam pengelolaan lembaga pendidikaan saat ini. Dalam teori ini menawarkan manajemen perbaikan terus-menerus meliputi produk, jasa, manusia, proses dan lingkungan. Pada bagian ketujuh, delapan dan sembilan, memfokuskan pada kajian lembaga pendidikan bernuansa Islam meliputi pendidikan Islam diera globalisasi dan pengelolaan pendidikan di madrasah maupun pesantren. Sedangkan pada bagian kesepuluh dan sebelas, menguraikan pengelolaan perpustakaan sekolah. Dalam hal ini bertujuan memberikan bekal kepada calon guru maupun guru agar terampil mengelola perpustakaan sekolah.

Item Type: Book
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Apr 2017 03:59
Last Modified: 19 Apr 2017 03:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1596

Actions (login required)

View Item View Item