wahidah, Salimatul (2023) KAJIAN ETNOMATEMATIKA CANDI NGEMPON DAN IMPLEMENTASINYA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
Salimatul Wahidah_23070180012.pdf Download (5MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi aspek matematika Candi Ngempon dan mengkaji bagaimana aspek matematika Candi Ngempon berkembang dalam pendidikan matematika kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi yamg bertujuan untuk mengkajo etnomatematika pada bangunan Candi Ngempon. Untuk mendapatkan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara serta dokumentasi. Wawancara digunakan untuk mengetahui aspek sejarah matematis Candi Ngempon. Observasi dan dokumentasi digunakan untuk mengetahui aspek matematis pada bangunan Candi Ngempon. Data yang terkumpul kemudian disusun dan dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat aktivitas fundamental dan unsur matematika Candi Ngempon. Aktivitas fundamental matematika yang terdapat pada Candi Ngempon yaitu aktivitas mengukur, membilang, menjelaskan dan mendesain. Unsur matematika yang ditemukan dibangunan Candi Ngempon yaitu bangun datar berupa teorema phytagoras, lingkaran dan bangun ruang berupa kubus, balok, dan limas. Implemtasi etnomatematika pada pembelajaran matematika yang dapat diterapkan disekolah adalah bahan pembelajaran yang berupa ringkasan yang berkaitan dengan cagar budaya Candi Ngempon pada materi bangun datar dan bangun ruang yang akan dipelajari pada jenjang pendidikan sekolah menengah pertama (SMP).
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Terapan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 16 Feb 2023 19:31 |
Last Modified: | 16 Feb 2023 19:31 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15978 |
Actions (login required)
View Item |