Riswanti, Erny (2023) PENGARUH DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 11 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
SKRIPSI_Erny Riswanti_23070180005_TM.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan besar pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII MTs Negeri 11 Boyolali Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif dengan jenis asosiatif kausal dengan rancangan penelitian non eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 11 Boyolali yang berjumlah 104 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini berjumlah 51 siswa dari kelas VIII dengan menggunakan rumus Slovin dan dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling dari 4 kelas yang ada. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, soal uraian, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII MTs Negeri 11 Boyolali. Adapun besarnya pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII MTs Negeri 11 Boyolali dapat dilihat dari koefisien determinasi (R Square) sebesar 61,6%, yang berarti disposisi matematis (X) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah (Y), sedangkan sisanya 38,4% dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 03:26 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 03:26 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16076 |
Actions (login required)
View Item |