Susanti, Susi (2017) Peningkatan Prestasi Belajar PAI Materi Beriman Kepada Malaikat Allah Menggunakan Metode Jigsaw Siswa Kelas VII B Semester 2 SMP Negeri 3 Ungaran Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017. Other thesis, IAIN Salatiga.
Text
skripsi fix.pdf Download (5MB) |
Abstract
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 3 Ungaran Kabupaten Semarang menunjukkan adanya banyak kendala yang salah satunya adalah rendahnya prestasi belajar siswa. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui metode jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi beriman Kepada Malaikat Allah di Kelas VII B Semester 2 SMP Negeri 3 U ngaran Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VII B Semester 2 SMP Negeri 3 Ungaran yang berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi , observasi dan tes tertulis. Analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif. Penelitian dilakukan pada dua siklus. dengan langkah-langkah: a) menyusun rencana kegiatan, b) pelaksanaan tindakan, c) observasi dan d) refleksi. Peningkatan prestasi belajar siswa pada pra siklus hanya 14 dari 34 siswa ( 41,17%) setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus I menjadi 23 (67,64%) dan pada siklus II menjadi 33 siswa (97,05%). Serta meningkatnya kreatifitas siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan metode jigsaw, maka materi beriman kepada Allah lebih mudah dipahami siswa sehingga keterampilan dan keaktifan meningkat yang berpengaruh pada meningkatnya hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 25 Apr 2017 02:29 |
Last Modified: | 25 Apr 2017 02:29 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1608 |
Actions (login required)
View Item |