PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQIH MATERI ZAKAT MENGGUNAKAN METODE CIRCUIT LEARNING DAN BRAINSTORMING PADA SISWA KELAS VIII MTS MA’ARIF GESI KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2022/2023

kholifah, Siti nur (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQIH MATERI ZAKAT MENGGUNAKAN METODE CIRCUIT LEARNING DAN BRAINSTORMING PADA SISWA KELAS VIII MTS MA’ARIF GESI KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2022/2023. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Siti_Nur_Kholifah_23010180095_FIKS_PRINT[2].pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar Fiqih materi Zakat menggunakan metode circuit learning dan brainstorming pada siswa kelas VIII MTs Ma’arif Gesi Sragen. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase ketuntasan belajar, dinyatakan berhasil jika sudah mencapai batas keberhasilan klasikal 85%. Hasil penelitian menunjukkan metode circuit learning yang dikombinasikan dengan metode brainstorming dapat meningkatkan hasil belajar fiqih materi zakat pada siswa kelas VIII MTs Ma’arif Gesi Sragen. Hal ini dibuktikan dengan data berikut: persentase hasil belajar pra siklus sebesar 45,16%, hasil belajar siklus I sebesar 70,96% dan hasil belajar siklus II sebesar 96,77%. Dari pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 25,8 %, dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 25,81%. Pada pra siklus terdapat 14 siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 61,45, pada siklus I terdapat 22 siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 71,61, siklus II terdapat 30 siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 85,80.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Feb 2023 17:31
Last Modified: 24 Feb 2023 19:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16115

Actions (login required)

View Item View Item