PERANAN BETANEWS.ID SEBAGAI MEDIA PEMASARAN PRODUK UMKM DI KUDUS SK

wulandari, Kartika dwi (2023) PERANAN BETANEWS.ID SEBAGAI MEDIA PEMASARAN PRODUK UMKM DI KUDUS SK. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Skripsi Kartika Dwi W.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Kartika Dwi W.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Wulandari, Kartika Dwi. 2022. Peran Betanews.ID Sebagai Media Pemasaran Produk UKMKM Di Kudus. Skripsi. Fakultas Dakwah Program Studi S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Salatiga. Pembimbing: Prof. Kastolani, M. Ag., Ph.D. Kata kunci: peranan, media pemasaran, produk UMKM Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang peranan media digital serta dampak yang dirasakan oleh narasumber yang sudah pernah diliput. Kajian ini memfokuskan media digital Betanews.ID memiliki konten liputan tentang UMKM. Adapun jenis penelitian yang dilakukan yakni kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Baik wawancara dengan pemilik media dan pelaku UMKM di Kudus. Selain itu untuk menunjang penelitian, peneliti melakukan dokumentasi saat kegiatan peneitian. Hasil dari penelitian ini menunjukan pertama tentang peranan media Betanews terhadap para pelaku UMKM di Kabupaten Kudus. Bahwa Betanews.ID menyediakan beberapa fasilitas promosi untuk para pelaku UMKM antara lain reportase regular, Live streaming Beta Suka-suka, serta menyebarkan link berita ke semua media sosial yang dimiliki Betanews. Kedua Betanews berperan sebagai media pemasaran produk UMKM, Betanews juga memiliki beberapa strategi antaranya dengan melakukan reportase langsung di lapangan, menyebarkan hasil liputan lewat sosial, melakukan live streaming Beta Sukasuka, menciptakan aplikasi Beta shop, dan mengadakan kegiatan Beta Expo tiap tahunnya. Ketiga dampak yang dirasakan oleh pelaku UMKM adalah meningkatkan omset, memudahkan UMKM untuk memperkenalkan produknya ke masyarakat luas, memperluas jangkauan pemasaran, dan memperkecil biaya promosi. Penaranan Betanews untuk membantu mempromosikan produk UMKM di Kudus sejalan dengan hadis Al-quran surat Al-Maidah ayat 2 yang intinya saling tolong menolong sesama umat manusia di dunia. Selain itu juga sejalan dengan hadis Al-quran ayat surat An-Nisa ayat 29 tentang mempromosikan merupakan jalan terbaik untuk memperkenalkan produk UMKM. Kesimpulan dari peneitian ini adalah media Betanews merupakan media digital local Kudus yang mendukung para pelaku UMKM dengan memperkenalkan produknya dengan cara diliput oleh Betanews secara gratis.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Mar 2023 03:02
Last Modified: 13 Mar 2023 03:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16344

Actions (login required)

View Item View Item