PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (E-LKPD) BERBASIS ICT MENGGUNAKAN FLIPBOOK MAKER PADA MATERI PROGRAM LINEAR UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS 11 SMA NEGERI 1 TENGARAN

Raifah, Diyah Miftakur (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (E-LKPD) BERBASIS ICT MENGGUNAKAN FLIPBOOK MAKER PADA MATERI PROGRAM LINEAR UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS 11 SMA NEGERI 1 TENGARAN. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Diyah Miftakur Raifah 23070180080.pdf

Download (3MB)

Abstract

Raifah, Diyah Miftakur. 2023. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis ICT Menggunakan Flipbook Maker Pada Materi Program Linear Untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas 11 SMA Negeri 1 Tengaran. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Saiful Marom, M. Sc. Kata Kunci : Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD); ICT; Program Linear. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengetahui evektifitas Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) berbasis Information and Communication Technology (ICT) dengan menggunakan Flipbook Maker untuk memfasilitasi pemahaman konsep matematika khususnya pada materi program linear. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 5 SMA N 1 Tengaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Impelmentation and Evaluation). Instrumen penelitian ini menggunakan lembar validasi ahli media, validasi ahli materi, respon peserta didik dan respon pendidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan E-LKPD memperoleh hasil uji validasi oleh ahli media sebesar 3,5 dan ahli materi sebesar 3,3 dengan kriteria sangat baik. Hasil dari respon peserta didik mendapatkan rata-rata nilai 3,4 dengan kategori sangat menarik, sedangkan rata-rata respon pendidik sebesar 3,87 dengan kategori sangat menarik. Uji evektifitas pada kelas ekspermen dengan perhitungan N-Gain score memperoleh nilai 65,8% dengan kategori cukup efektif. Dari data validasi ahli media, ahli materi, respon peserta didik, respon pendidik dan nilai efektivitas maka E-LKPD berbasis ICT yang dikembangkan valid dan layak digunakan dalam memfasilitasi pemahaman konsep peseta didik.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Mar 2023 23:34
Last Modified: 14 Mar 2023 23:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16367

Actions (login required)

View Item View Item