Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan LKPD Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Pola Bilangan Peserta Didik di SMP Dharma Lestari Kelas VIII Tahun Pelajaran 2022/2023

Rusitasari, Yuni Fia (2023) Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan LKPD Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Pola Bilangan Peserta Didik di SMP Dharma Lestari Kelas VIII Tahun Pelajaran 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Skripsi Yuni Fia Rusitasari FIX.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan LKPD terhadap kemampuan pemecahan masalah materi pola bilangan peserta didik di SMP Dharma Lestari kelas VIII tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif Jenis Quasi Experimental dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan LKPD dan variabel terikatnya yaitu kemampuan pemecahan masalah. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Dharma Lestari dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling dan memperoleh kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen dalam pembelajarannya menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, sedangkan kelas kontrol menerapkan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian ini menggunakan soal tes berupa soal uraian sebanyak 5 butir soal. Analisis data N-Gain kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan uji Independent Sample T Test menggunakan bantuan IBM SPSS Statistic 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang signifikan antara kelas eksperimen yang mendapat pembelajaran melalui Student Teams Achievement Division (STAD) dan kelas kontrol mendapat pembelajaran melalui konvensional, dimana rata-rata peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Selain itu, ukuran efek dari penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan LKPD terhadap kemampuan pemecahan masalah dikategorikan tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan LKPD efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Mar 2023 03:12
Last Modified: 16 Mar 2023 03:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16389

Actions (login required)

View Item View Item