PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KPK DAN FPB MELALUI MODEL PROBLEM BASE LEARNING (PBL) DENGAN ALAT PERAGA DAKOTA

Anisa, Nur (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KPK DAN FPB MELALUI MODEL PROBLEM BASE LEARNING (PBL) DENGAN ALAT PERAGA DAKOTA. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
23040180086 NASKAH SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan Problem Base Learning (PBL) dengan alat peraga dakota dapat meningkatkan hasil belajar matematika dengan materi KPK dan FPB kepada peserta didik kelas IV MIS Ma’arif Bandungrejo, Ngablak, Magelang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mana subjek penelitiannya ialah peserta didik kelas IV MIS Ma’arif Bandungrejo yaitu sebanyak 14 peserta didik dengan KKM individu 75 dan 85% KKM klasikal. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil wawancara keplada madrasah dan guru kelas serta sumber sekunder yang berupa foto-foto kegiatan pembelajaran menggunakan model PBL dengan alat peraga Dakota. pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I memperoleh rata-rata 78 dengan 7 peserta didik tuntas (50%) dan 7 lainnya tidak tuntas (50%). Penelitian dilanjutkan pada siklus II dengan rata-rata meningkat 8 poin menjadi 86 dengan 12 peserta didik tuntas (86%) dan 2 lainnya tidak tuntas (14%). Penelitian dihentikan pada siklus II karena telah mencapai ketuntasan klasikal sebesar 86%, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan alat peraga Dakota terbukti dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik dengan materi KPK dan FPB.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Mar 2023 03:02
Last Modified: 17 Mar 2023 03:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16405

Actions (login required)

View Item View Item