Ngulya, Salwa Aisatul (2023) STRATEGI PUBLIC RELATION DALAM MENGUATKAN BRANDING DI SEKOLAH DASAR ISLAM AL AZHAR 22 KOTA SALATIGA. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
SALWA AISATUL NGULYA 43010180078.pdf Download (2MB) |
Abstract
Ngulya, Salwa Aisatul, 2023. Strategi Public Relation dalam Menguatkan Branding di Sekolah Dasar Islam Al Azhar 22 salatiga. Skripsi. Salatiga: Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Dra. Sri Suparwi, M.A. Kata Kunci: strategi humas, branding Public relation (hubungan masyarakat) adalah aspek penting dalam proses membangun maupun menguatkan branding sebuah lembaga. Penentuan strategi hubungan masyarakat, dengan begitu, perlu direncanakan karena mencakup berhasil atau tidaknya sebuah lembaga secara jangka Panjang dalam mencapai tujuan-tujuan organisasinya. Tujuan penelitian ini adalah 1.)Untuk mengetahui strategi public relation Sekolah Dasar Islam Al-Azhar 22 Kota Salatiga dalam menguatkan branding sekolah. 2.) Untuk mengetahui hasil dari penerapan strategi public relation Sekolah Dasar Islam Al-Azhar 22 Kota Salatiga dalam menguatkan branding sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang menjelaskan dan mengkaji data dalam bentuk dokumen tertulis maupun lisan untuk memberikan gambaran secara akurat dan faktual. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi public relation yang diterapkan oleh humas Sekolah Dasar Islam Al-Azhar 22 Salatiga mencakup strategi Penelitian dan mendengarkan (Research-Listening) dengan melakukan rapat kerja bersama guna mengevaluasi apa saja informasi dan apa saja yang diinginkan oleh masyarakat atau wali murid, Perencanaan dan pengambilan keputusan (Planning-Decision) dengan melakukan pengembangan dengan setidaknya 3 unsur yaitu infrastruktur, SDM (Sumber Daya Manusia) dan Kurikulum sekolah, Mengkomunikasikan dan pelaksanaan (Communication-Action) humas memanfaatkan sosial media dan web sekolah untuk menyebarkan maupun memperlihatkan berbagai prestasi dan kegiatanya, Mengevaluasi (Evaluation) humas melakukan evaluasi ulang kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan sebelumnya, untuk mengetahui adakah kekurangan ataupun hambatan yang perlu dicari solusi guna penyusunan program humas selanjutnya. Dalam penelitian ini menunjukan bahwa dengan strategi humas yang baik maka berdampak pada meningkatnya kualitas layanan pendidikan, dan program sekolah yang terarah. Selain itu juga peningkatan jumlah murid dan naiknya kepercayaan dari wali murid.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 21 Mar 2023 15:49 |
Last Modified: | 21 Mar 2023 15:49 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16425 |
Actions (login required)
View Item |