KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PADA PENILAIAN KOGNITIF DENGAN PLATFORM PEMBELAJARAN KAHOOT DI MASA COVID 19

Murwati, Sri Rejeki (2023) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PADA PENILAIAN KOGNITIF DENGAN PLATFORM PEMBELAJARAN KAHOOT DI MASA COVID 19. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
12020190001 SRI REJEKI MURWATI TESIS CEK TURNITIN EDIT 4 FINISH PRINT.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru kelas V pada jenjang sekolah dasar dan untuk mengetahui cara guru dalam melaksanakan penilaian kognitif menggunakan platform pembelajaran Kahoot. Jenis penelitian yang digunakan adalah field research atau penelitian lapangan. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V SD Negeri Kecamatan Margorejo Pati yaitu berjumlah 3 orang dari tiga sekolah dasar yang berada di Kecamatan Margorejo Pati. Sumber data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu melakukan reduksi data, menyajikan data dengan uraian singkat serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kompetensi dan kinerja guru kelas V di SD Negeri Kecamatan Margorejo Pati memiliki standar kompetensi pedagogik sesuai Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 16 Tahun 2007 tentang kompetensi guru (2) pembelajaran di SD Negeri Kecamatan Margorejo Pati tetap dilaksanakan pada masa pandemi Covid 19 dengan menggunakan platform Kahoot menjadi alternatif pembelajaran di sekolah. (3) Platform Kahoot lebih menjamin efektivitas dan efisiensi penilaian bagi guru pada penilaian kognitif di masa pandemi Covid 19.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Apr 2023 17:01
Last Modified: 06 Apr 2023 17:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16498

Actions (login required)

View Item View Item