Konsep Pendidikan Akhlak dalam Kitab Ayyuha al- Walad karya Imam Al-Ghazali

Rohmawati, Putik Nur (2017) Konsep Pendidikan Akhlak dalam Kitab Ayyuha al- Walad karya Imam Al-Ghazali. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui konsep pendidikan akhlak dalam kitab Ayyuha al-Walad karya Imam Al-Ghazali. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah (1) Bagaimana konsep pendidikan akhlak menurut Al-Ghazali dalam kitab Ayyuha al-Walad?, (2) Bagaimana relevansi konsep pendidikan akhlak menurut Al-Ghazali dalam dunia pendidikan? Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library research), maka data yang diperoleh bersumber dari literatur. Adapun referensi yang menjadi sumber data primer yaitu dari kitab Ayyuha al-Walad karya Imam Al-Ghazali. Konsep pendidikan anak menurut Imam Al-Ghazali dalam kitabnya Ayyuha al-Walad berpangkal pada empat hal, yaitu: (1) Tujuan pendidikan menurut Al-Ghazali adalah menghilangkan sifat-sifat atau akhlak buruk. Sehingga, tujuan pendidikan menurut Al-Ghazali adalah menanamkan akhlak yang baik pada anak didik. (2) Syarat agar seorang syaikh dapat menjadi wakil Rasulullah SAW ia haruslah seorang yang alim, meski tidak semua orang yang alim dapat menjadi khalifahnya. Aku akan menjelaskan kepadamu sebagaimana persyaratan syaikh agar tidak semua orang dapat mendakwakan dirinya seorang mursyid. (3) Inti ilmu adalah pengetahuan yang membuat seseorang faham akan makna ketaatan dan ibadah. Sebab ketaatan dan ibadah dalam rangka melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangannya harus mengikuti syari’ah. (4) Metode yang digunakan Imam Al-Ghazali dalam kitab Ayyuha al-Walad adalah dengan metode keteladanan, metode cerita atau kisah, metode pembiasaan. Pemikiran Al-Ghazali tentang konsep pendidikan akhlak sampai saat ini tetap relevan terbukti dengan banyaknya pendidik yang masih menggunakan konsep beliau. Hanya saja berbeda dalam penyajian pemikiran dan kasus yang dihadapi. Seperti halnya Imam Al-Ghazali dalam mendidik sesuai dengan zaman anak tersebut dan tidak bersifat yang mutlak. Dari ini pendidikan akhlak bersifat dinamis dan dapat diimplikasikan nilai-nilai dari konsep pendidikan akhlak tersebut pada zaman kekinian dan masih relevan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 May 2017 07:17
Last Modified: 02 May 2017 07:17
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1653

Actions (login required)

View Item View Item